RAGAM METODE PEMBELAJARAN MENARIK UNTUK ANAK USIA DINI : KONSEP DAN PRAKTEK

Nur Azizah Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini serta memberikan referensi bagi para pendidik PAUD. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, penelitian ini menganalisis berbagai model pembelajaran, menyoroti keunggulan, tantangan, dan implikasi praktisnya. Hal ini penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbagai aktivitas seperti bercerita, bermain, dan berwisata, serta untuk memberikan alternatif pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik PAUD. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran yang menarik, efektif dalam meningkatkan minat belajar anak, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan merangsang kreativitas mereka. menurut para ahli pembelajaran pada PAUD harus di sertakan dengan beberapa metode yang sesuai dengan kemampuan anak dalam belajar. pada metode ini anak mampu meningkatkan kreativitas anak usia dini, pada pendekatan ini dapat memungkinkan anak untuk belajar secara aktif dan eksploratif, sehingga dapat mendorong mereka untuk menyampaikan ide-ide kreatif mereka, salah satu nya yaitu menggunakan metode tanya jawab.

 

Kata Kunci : metode, pembelajaran, anak usia dini, kegunaan.


Keywords


Metode, Pembelajaran, Anak Usia Dini, Kegunaan.

Full Text:

PDF

References


Abidin Ratno. 2023. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak.

Agus Sumitra, and Meida Panjaitan. 2019. “Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Karyawisata.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(01):35–42. doi: 10.31849/paud-lectura.v3i01.3342.

Anisyah, Nur. 2018. “Memahami Konsep Dasar Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Jurnal Al-Ashlah 2(1):101–22.

Arsyad, Subhi, Hidayatun Saliha, and Ulpa Sulitiyas. 2019. “Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan).” Jurnal Masyarakat Maritim 1(1):7–17. doi: 10.31629/jmm.v1i1.1658.

Elyana. 2017. “Peran Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran PAUD.” 59–64.

Fauzan, Habib Nur, Lidea Francisca, Vivi Indri Asrini, Ida Fitria, Arista Aulia Firdaus, and Universitas Ahmad Dahlan. 2021. “Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Menuju Inklusi.” PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(3):496–505.

Halifah, Syarifah. 2020. “Pentingnya Bermain Peran Dalam Proses Pembelajaran Anak.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(3):35–40. doi: 10.58258/jisip.v4i3.1150.

Hasriadi, H. 2022. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12(1):136–51.

Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3):5. doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Khaeriyah, Ery, Aip Saripudin, and Riri Kartiyawati. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 4(2):102. doi: 10.24235/awlady.v4i2.3155.

Khalijah, Wan Nur, Miftahul Jannah, Hafiz Zurahmah Rehan, Yohana Yohana, and Yohani Yohani. 2023. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis.” Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies 2(2):267–78. doi: 10.56672/alwasathiyah.v2i2.97.

Meilina, Henny, Sugiyo Sugiyo, and Budi Astuti. 2021. “The Effectiveness of Role-Playing Methods for Early Childhood Emotional Social Development and Independence.” Journal of Primary Education 10(3):336–47.

oktasari devi, nurrizalia mega, karmila nengsih yanti. 2024. “Website Https://Ejournal.Unsri.Ac.Id/Index.Php/Jppm/Index PENDAHULUAN Pendidikan Merupakan Sektor Yang Sangat Esensial Dan Fundamental Bagi Banyak Negara . Hal Ini Juga Berlaku Di Indonesia Mengingat Salah Satu Tujuan Negara Republik Indonesia Yang Tertua.” 10(2):213–21.

Ragil, Yoga Aditia, Sri Martini Meilani, and Zarina Akbar. 2020. “Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):567. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.420.

Rozalena, Rozalena, and Muhammad Kristiawan. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(1):76–86. doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.

Safira, Naila Fauzia, Siti. 2021. “Analisis Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Bahasa Anak.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini 6(1):11–20.

Satriani, Satriani. 2018. “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10(1). doi: 10.30984/jii.v10i1.590.

Septiani, Ika, and Delina Kasih. 2021. “Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Alpha Omega School.” Jurnal Jendela Pendidikan 1(04):192–99. doi: 10.57008/jjp.v1i04.44.

Siswanto, Siswanto, Zaelansyah Zaelansyah, Eli Susanti, and Jeni Fransiska. 2019. “Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):35–44. doi: 10.32699/paramurobi.v2i2.1295.

Suhendri, Huri. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2):105–14. doi: 10.30998/formatif.v3i2.117.

Tri Anggini, Indah, and Afief Clara Riana Dea Suryani Retno Wulandari. 2022. “Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA 1(3):398–405.

Wirabumi, Ridwan. 2020. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought I(I):105–13.

Yuwanita, Ika, Happy Indira Dewi, and Dirgantara Wicaksono. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa.” Instruksional 1(2):152. doi: 10.24853/instruksional.1.2.152-158.

Zulfitria, Sriyanti Rahmatunnisa, and Mutia Khanza. 2021. “Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini.” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):53–60.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.1.75-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ