DAMPAK KECANDUAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK

Imailda Nur Laila

Abstract


Dalam era digital, penggunaan smartphone oleh anak-anak telah menjadi fenomena umum, namun kelebihan penggunaan ini dapat mengakibatkan berbagai masalah perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh negatif smartphone pada interaksi sosial dan kemampuan bahasa anak. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, khususnya kajian literatur. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan melibatkan analisis teoritis yang merujuk pada sumber-sumber ilmiah, seperti buku, majalah, dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan smartphone dapat mengurangi interaksi tatap muka dengan keluarga dan teman sebaya, menghambat kemampuan komunikasi verbal, dan mengurangi kualitas tidur yang penting bagi perkembangan kognitif. Selain itu, paparan konten digital yang tidak sesuai usia juga berdampak negatif terhadap perilaku sosial dan perkembangan bahasa. Penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan orang tua dan pengaturan waktu penggunaan smartphone untuk meminimalisir dampak negatif pada perkembangan anak.

Kata Kunci: Anak Kecanduan Smartphone, Perkembangan Sosial, Bahasa.


Full Text:

PDF

References


Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700

Afidah, S. N., Fakhriyah, F., & Oktavianti, I. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Agustina, A. Q. (2023). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Langkapura. Lampung: Universitas Lampung, 1–82.

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 180–193.

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Bintoro, Y. C. (2019). Upaya Orangtua Dalam Mengatasi Kecanduan Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Desa Mandiraja Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 1–85.

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Hafifah, N. (2022). Analisis Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Desa Kutabuloh Meukek Aceh Selatan. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1–60. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27462/1/Nada Hafifah, 180210017, FTK, PIAUD.pdf

Jadidah, M., Sopiah, Puspitasari, P. R., Riza, E., & Irwansyah, A. (2024). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Permata Hati Cilodong. Yaa Bunayya, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 57–64.

Jafri, Y., & Defega, L. (2020). Gadget Dengan Perkembangan Sosial dan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), 76–83.

Kaffa, Z., Neviyarni, & Irdamurmi. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 2612–2616.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. AKTUALITA: Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–94. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100

Maryanto, A. (2019). Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Dan Keagamaan Anak Usia Baligh Di Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur. Bengkulu: IAIN Bengkulu, 1–83.

Meirisa, S. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 288–296. https://doi.org/10.5281/zenodo.7572743

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273

Morris, A. J., Filippetti, M. L., & Rigato, S. (2022). The Impact Of Parents’ Smartphone Use On Language Development In Young Children. Child Development Perspectives, 16(2), 103–109. https://doi.org/10.1111/cdep.12449

Murgiyanti, Sumarno, & Muhtarom. (2023). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Almawaddah Semarang. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 211–226.

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Rais, M. G. A., & Aprianti, A. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanggulangi Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak Usia Prasekolah (studi Kasus di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung). Jurnal E-Proceeding of Management, 8(1), 675–690. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/14402/14186

Sandriani, Garna, H., & Rachmiatie, A. (2018). Pengaruh Kepemilikan Smartphone Oleh Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Psikososial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Stikes Muhammadiyah Ciamis: Jurnal Kesehatan, 5(2), 80–90. https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i2.39

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Seminar Nasional: “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal, 1(4), 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108

Sobry, M. G. (2017). Peran Smartphone Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 24–29. http://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/222

Wantika, W. (2024). Dampak Penggunaan Smartphone Dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Dusun Harapan Jaya Kec.Ketapang Lampung Selatan. Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 1–69.

Warda, Z. (2024). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Mengatasi Ketergantungan Pada Gadget Di Desa Purbadana Kecamatan Kembaran. Purwokerto: Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 1–150.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.8.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ