PENANAMAN KOMPETENSI INTI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI PAUD TERPADU AN-NUUR

Tri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran ilmiah untuk pengembangan kompetensi inti di PAUD An-Nuur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah dilakukan melalui lima tahap atau kegiatan meliputi observasi, tanya, mengumpulkan informasi, alasan / rekan kerja dan berkomunikasi. Bentuk kompetensi inti tanam yang tertanam dalam PAUD An-Nuur antara lain: (1) KI-1 (sikap spiritual) ditanamkan melalui habituasi anak-anak untuk menjalani ajaran-ajaran Islam; (2) KI-2 (Sikap Sosial) ditanamkan melalui habituasi kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada anak sekolah sebagai sikap mandiri, disiplin, kerja sama, jujur, peduli, percaya diri, dan nilai-nilai kehidupan lainnya; (3) KI-3 (Pengetahuan) ditanamkan bersama anak-anak yang diundang untuk bertemu dan menemukan pengetahuan mereka sendiri melalui pembelajaran pendekatan ilmiah; (4) KI-4 (Keterampilan) ditanamkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui dan melalui keterampilan bahasa dan karya kreatif anak-anak di setiap pusat.


Keywords


Pendekatan Ilmiah, Kompetensi Inti, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Cathy Nutbrown, dan Peter Clough, Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Ditjen PAUDNI, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Ditjen PAUDNI, Pedoman Pendekatan Saintifik, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Ditjen PAUDNI, Pedoman Pengenalan Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Hope K. Gerde, dkk., Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum, (early childhood education journal: Springer, 2013.

Morrison, George S., Dasar-dasarPendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2013.

Suryana, Dadan, dkk., Dasar-dasar Pendidikan TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Yuliani Nurani, dkk., Implementasi Kurikulum 2013 PAUD, Jakarta: Yayasan Yebefo, 2015.

Yuliani Nurani Sujiono, , Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2013.

Yus Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

___. 2015. Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD, Kemendikbud.

___. 2015. Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta : Direktorat Pembinaan PAUD, Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.91-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ