POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALQURAN UNTUK ANAK USIA DINI

Zulfitria Zulfitria

Abstract


Al-Qur'an sebagai landasan dasar pendidikan Islam di dalamnya mengandung sumber nilai sehingga pola penitipan anak mengandung nilai-nilai Islam yang berasal dari ajaran Al-Qur'an dan Al-Hadist. Al-Qur'an mengatur penitipan anak selama kehamilan, persalinan dan perkembangan anak. Aspek sasaran dalam mengasuh anak islam adalah pemenuhan semua potensi dasar manusia, yaitu; semangat, pikiran dan tubuh. Orangtua wajib mengurus anak-anak mereka menghadapi baliq sedini mungkin sehingga bila anak sudah memasuki usia baliq, anak tersebut dipersiapkan dengan baik fisik, semangat dan kemampuan kemandirian. Pendidikan karakter melalui penerapan perilaku mulia dan pengakuan kepada Tuhan sejak usia dini harus dilakukan dengan contoh nyata. Pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan apa yang benar dan apa yang salah, lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal baik sehingga anak menjadi kognitif tentang benar dan salah, mampu memahami nilai (afektif) yang baik dan biasanya melakukannya (psikomotor ).


Keywords


pola asuh, Pendidikan Karakter, Anak usia Dini, Pendidikan berbasis Alquran

Full Text:

PDF

References


Al-Qattan, Manna Khalil.2001. Studi Ilmu-Ilmu Qur'an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara,

Depdiknas.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Agama. 1997. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Surya Cipta Aksara.

Esack, Farid. 2001. Qur'an Libertion & Pluralism An Islamic Perspective of Interreligion Solidarity against Oppressions, USA: Oneworld Publications.

HAMKA, Tafsir al-Azhar Juz XXI, Surabaya: Yayasan Latimojong, 1991.

http://www.pendidikankarakter.com/membangun-karakter-sejak-pendidikan-anak-usia-dini/. Akses internet tanggal 5 Desember 2017.

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Nurdin, Abdullah. 1993. Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Quraish. 1992. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan

Siahaan, Henry. 1996. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Shocib, 2000. Pola Asuh Orang Tua.Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta: Jakarta

Widyarini N. ; 2003. Relasi orang tua & anak. Jakarta: PT Elek Media Komputindo

Wahyuning W. Mengkomunikasikan moral kepada anak. Jakarta: PT Elek Media Komputindo; 2003. h. 126.

Yunus, Mahmud. 1998. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT. Hidakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.101-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ