IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK

Muhammad Akil Musi, Sadaruddin Sadaruddin, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan analisis model interaktif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, pengamatan, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal maka kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak pada Kelompok B di TK Teratai Kota Makassar dapat meningkat, baik dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar anak, maupun dari hasil tes belajar siswa, dimana pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak berada dalam kategori baik.


Keywords


permainan edukatif, konsep bilangan, anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Sholeh, Munawar. 2005 Psikologi Perkembangan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Anas, Sudijono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bawani, Imam. 2002 Perkembangan Jiwa. Surabaya: Bina Ilmu.

Busthomi, Muhammad Yazid. 2012. Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing.

Dali, Naga. 1980. Berhitung Sejarah Dan Pengembangannya. Jakarta: PT. Gramedia.

Khobir, Abdul. 2009. Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. Forum Tarbiya Vol. 7, No. 2. Pekalongan: STAIN Pekalongan.

Kurniasih, Imas. 2011. Implementasi Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Moleong, Lexy Moleksi Johannes. 2007. Metodeologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Pardjono, Kspaidi, Sukanti. dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Rosmala, Dewi. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Sandarupa. 2011. Kearifan Lokal Antikorupsi http://nasional.kompas.com/read. Diakses pada 09 Januari 2017.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Persada Media Grub.

Sari, Giyani Mustika. 2013. Rancang bangun game edukasi bobo untuk anak usia 5-8 tahun menggunakan macromedia flash. Artikel Ilmiah (tidak dipublikasikan). Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyoningsih. 2010. Pembelajaran Berbasis TIK Pada Anak Usia Dini Sebagai Generasi Berkarakter. Artikel.

Soedadiadmojo, Soeratno, Sumunar. 1983. Matematika 1. Jakarta: Depdikbud.

Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengatar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana.

Tato, Syahrial. 2010. Mempertahankan Nilai Kearifan Budaya Lokal Sulawesi Selatan, Sebuah Keniscayaan?. http://syahriartato.wordpress.com Diaksespada 09 Januari 2017.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS. http://www.diknas.go.id. Diaksespada 09Januari 2017.

Zulkifly. 2003. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

gscroone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ