MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI EKSPLORASI TANAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan naturalis anak pada usia 5-6 tahun bahwa kegiatan eksplorasi tanaman dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di PAUD An-Najah Bojongsari Depok. Sesuai hasil data yang diperoleh pada penelitian yang dilaksanakan di PAUD An-Najah Bojongsari Depok persentase kecerdasan naturalis anak di PAUD An-Najah Bojongsari Depok sebelum dilakukan tindakan yaitu sebesar 42,3%. Berdasarkan hasil yang diperoleh masih sangat jauh dari yang dinginkan maka perlu dilakukan tindakan siklus I. Setelah dilaksanakan tindakan menunjukkan peningkatan pada siklus 1 jika dibandingkan dengan pra siklus yaitu sebesar 69,9%. Namun, karena hasil yang didapat belum sesuai dengan target makan dilaksanakan siklus II dan hasilnya mengalami peningkatan sebesar yaitu 95,5%. Sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil, karena hasil sesuai dengan target yang ditentukan oleh peneliti yaitu 80%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan yaitu kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD An-Najah Bojongsari Depok dapat ditingkatkan melalui eksplorasi tanaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amstrong Thomas, 7 Kinds of Smart (Jakarta : 2002)
Bunda Lucy, Mendidik sesuai dengan minat & bakat anak, (Jakarta : PT. Tangga Pustaka, 2009)
Direktorat PAUD, Bermain Sambil Mengasah Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini , (Jakarta: Direktorat PAUD, 2009)
Ghalib Achmad Kholish, Pintar dan Cepat Menguasai Biologi, (Yogyakarta : Powerbooks, 2009)
Gunawan Adi W, Genius Learning Strategy (Jakarta : PT. Gramedia, 2003)
Hasan Thalhah, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Keluarga, (Jakarta : Mitra Abadi Press, 2009)
Kusmayadi Ismail, Membongkar Kecerdasan Anak , (Jakarta : Gudang Ilmu, 2011)
Milles Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta, Universitas Indonesia Press, 2000)
Moleong Lexy. J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Rosdakarya, 2003)
Munandar S.C.Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah, (Jakarta : PT. Gramedia, 1999)
Musbikin Imam, Buku Pintar PAUD (Jogyakarta : Laksana, 2010)
Noorlaila Iva, Panduan Lengkap Mengajar PAUD, (Yogyakarta : Pinus Book Publisher, 2010)
Pamilu Anik, Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan (Yogyakarta : CITRA MEDIA, 2007)
Rahmawati Yeni, Strategi Pengembagan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak, (Jakarta : Kencana, 2010)
Ramelan Purwati, Merangsang IQ Anak 4-9 Tahun Dosis Tinggi (Yogyakarta : Pustaka Widyatama, 2010)
Sani Ridwan Abdullah, Inovasi Pembelajaran, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2013)
Siregar Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta : Prenada Media, 2013)
Sudijono Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta; Raja Gafindo Persada, 2009)
Sujiono Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta : PT. Indeks, 2009)
Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta; Bumi Aksara, 2008)
Suroso, Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta : Pararaton, 2009)
Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta : Kencana, 2011)
Suyadi, Manajemen PAUD, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011)
Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta : PT. Pusta Insan Madani, 2010)
Tuliawati Fitri et.al., Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional, (Yogyakarta : Pedagogia, 2012)
Wardhana Igak dan Wihardit Kuswaya, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2007)
Yufiarti dan Chandrawati, Profesionalitas Guru PAUD, (Banten : Universitas Terbuka, 2008)
Yusuf Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Pengertian kecerdasan jamak
http://www.familydiscovery.com/16/06/20014/13:18
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.1.2.137-146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |