METODE BERCERITA SEBAGAI STIMULASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI RUMAH

Authors

  • Siti Ma'rifah Mualim UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Siti Ma'rifah Mualim UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzi fauzi UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Kata kunci, Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa memiliki peran yang penting dalam penting dalam perkembangan anak. Dengan  bahasa, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang kelak dapat berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat dan lingkungannya. Kemampuan berbahasa tidak hanya dapat ditunjukkan dengan kemampuan membaca saja,  tetapi juga ditunjukan dengan kemampuan lain seperti, penguasaan kosakata, pemahaman, dan cara berkomunikasi. Dalam menstimulasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak salah satunya dengan menggunakan metode bercerita. Seperti yang dilakukan oleh salah satu orangtua yatu Bu siti dengan tiga anaknya yang rutin dibacakan cerita sebagai salah satu cara menstimulasi kemampuan berbahasa anak usia dini. Dari sinilah, penelitian ini fokus tujuannya adalah bagaimana metode bercerita dapat menstimulasi kemampuan berbahasa anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis deskriptif dengan mengobservasi, serta  menganalisis metode cerita sebagai stimulasi kemampuan berbahasa anak. Hasil dari analisis dengan menyajikan manfaat metode bercerita terbukti dapat menstimulasi serta meningkatkan  kemampuan berbahasa anak usia dini.

Author Biographies

Siti Ma'rifah Mualim, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Mahasiswa Pascasarjana PIAUD

Siti Ma'rifah Mualim, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Mahasiswa Pascasarjana

Fauzi fauzi, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Dosen Pascasarjana UIN SAIZU

References

Aisyah, Nur. (2021). Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. AL-WIJDAN Journal of Islamic Education Studies.

Aprilina, Novida. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Bercerita Melalui Metode Tanya Jawab Usia 2-4 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Badriah, Euis. (2024). Hubungan Antara Interaksi Orang Tua Dan Anak Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Pra-sekolah (4-6 Tahun) Di TK Annachrowi Desa Muara Kabupaten Lebak. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery Science (ISJNMS).

Dwi Aqiella Fadilla Hayya, & Setiawaty, Rani. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Si Kabayan bagi Siswa Sekolah Dasar. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya.

Sulistyawati, dkk., (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Syarah. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Volume 12 Edisi 2 November 2018.

Wiguna, dkk,. (2023). Strategi Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Wulyani, Sri, Djibran, Agung Kurniawan S., & Lamadang, Karmila P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar Di Paud. Jurnal Pendidikan Glasser.

Yudha, Anggrita, Alifia, Hanny Nur, & Warastuti, Lisda. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Komunikasi Bahasa Pada Anak.

Downloads

Published

2025-05-20