PENERAPAN PERMAINAN BALOK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB ANAKNDA PESISIR KEC. BANTAN

Authors

  • siti munawarah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Keywords:

Permainan Balok Angka, Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 tahun

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan berhitung anak yang belum berkembang secara optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman angka atau bentuk simbol dari angka tersebut. Sehingga peneliti menggunakan permainan balok angka yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di KB Anaknda Pesisir Kec. Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa sebelum menggunakan permainan balok angka hasil kemampuan berhitung anak adalah 29 dengan kategori mulai berkembang. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I, kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 48 namun masih dalam kategori mulai berkembang. Untuk mengatasi hal ini selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II. Dari perbaikan siklus II diperoleh hasil kemampuan berhitung sebesar 75 dengan kategori berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di KB Anaknda Pesisir Kec. Bantan.

Author Biography

siti munawarah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Acep Yoni, dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.

Agustin, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Dadu Papan Angka Berkelok. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 23. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p23-30

Ahmad Susanto, M. P. (2011). Buku Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. In Kencana.

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Ratnasari. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(1), 32–45.

de Chambrier, A. F., Baye, A., Tinnes-Vigne, M., Tazouti, Y., Vlassis, J., Poncelet, D., Giauque, N., Fagnant, A., Luxembourger, C., Auquière, A., Kerger, S., & Dierendonck, C. (2021). Enhancing children’s numerical skills through a play-based intervention at kindergarten and at home: a quasi-experimental study. Early Childhood Research Quarterly, 54, 164–178. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.09.003

Dr. Mu’alimin M.Pd.I. Rahmat Arofah Hari Cahyadi M. Pd.I. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik (Issue January).

Fadillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. In Prenadamedia Group. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Bermain_Permainan_Anak_Usia_Di/fja2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=egrang+batok+kelapa&pg=PA105&printsec=frontcover

Faeruz, R., Fridani, L., & Adhe, K. R. (2022). Aktivitas Bermain Balok Anak Usia Dini.

Hastiana, D., & Daliman, D. (2023). Perkembangan Kognitif Usia Pra Operasional dalam Berbagai Perspektif Permainan Tradisional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4136–4141. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1750

Hidayat, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Dadu Angka. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), I, 288–297. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/137

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan, 53(9), 1–11. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014

Khadijah, & Amelia, N. (2021). Gambar sampul Perkembangan KognitifAnak Usia Dini: Teori Dan Praktik.

KHOTIMAH, P. K. (2023). Terhadapkemampuanberhitungangka1-10.

Meuthia, N., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 357–366. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8905

Raudatul, Z., Wening, R., & Rizawati. (2024). Permainan Memancing Angka Pada Anak Usia. Yaa Bunayya, 8(2), 119–129. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24853/yby.8.2.119-129

Rinakit, W. S. & K. (2020). Media Pembelajaran PAUD, Sumber Belajar, Media Pembelajaran dan APE.

Sari, A. N., Mardeli, M., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok B. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10, 336.

Siti Munawarah; Arika. (2023). Meningkatkan Kreativitas melalui Kegiatan Membatik Ecoprint Anak Usia 5-6 Tahun Arika , Siti Munawarah. Journal of Early Childhood Education, 6(2).

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R. (2010). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Widarini, W. (2023). Penerapan Permainan Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Di Tk Plus Anak. 1(1), 1–8.

Yurda, Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharmawanita Pasar Usang. Journal on Teacher Education, 1(1), 79–91. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.509

Downloads

Published

2025-05-20