ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB GENERASI ALPHA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Asmaul Husna Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Faizatul Faridy Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Karakter yaitu konsep yang melandasi perbuatan manusia kepada  Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang dimunculkan melalui, sikap perasaan, lisan, dan perilaku yang sesuai dengan aturan agama, hukum bernegara, adat dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembentukan karakter tanggung jawab generasi alpha anak usia 6-5 tahun. Jenis metode penelitian yang digunakan kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang digunakan data primer dan sekunder, selanjutnya untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisis datanya adalah reduksi data, display data dan verifikasi data dengan jumlah responden 2 orang. Hasil yang ditemukan peran orang tua dalam membentuk karakter tanggung jawab anak usia 5 – 6 tahun di Desa Paya Seunara, Jurong Cot Dama, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang menerapkan didikan pola asuh yang terbaik kepada anaknya dalam keluarga, menjaga dan membimbing anak, merawat, dan menjadi suri tauladan yang baik bagi anak. Karakter tanggung jawabnya juga sudah baik karena peduli akan barang yang dimilikinya serta tanggung jawab menggunakan barang yang dimilikinya atau milik orang lain. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter tanggung jawab anak-anak usia dini tersebut ialah didikan dari orang tua dalam keluarga,  lingkungan sosial masyarakat dan lingkungan sekolah yang terus berupaya membentuk karakter anak termasuk karakter tanggung jawab.

References

Fadilah, M. (2016). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Arus Media.

Jamaluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Pustaka Setia.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Muhsin. (2017). Upaya Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak di Dusun Sumber Suko Desa Plososari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(2).

Permata, I. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2).

Puspitasari, P. R. (2024). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Permata Hati Cilodong. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 57. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.57-64

Saleh, A. M. (2012). Membangun karakter dengan hati nurani : Pendidikan karakter untuk generasi bangsa. Erlangga.

Suryadi. (2013). Konsep dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swanzen, R. (2018). Facing the Generation Chasm: the Parenting and Teaching of Generations Y and Z. International Journal of Child, Youth and Family Studies, 9(2), 125. https://doi.org/10.18357/ijcyfs92201818216

Syafaruddin, S. (2016). Peran Strategi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dalam Membangun Karakter Guru Professional. Jurnal Raudhah, 4(1).

Tirtarahardja, U. (2010). Pengantar pendidikan.

Downloads

Published

2025-05-20