OPTIMALISASI POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Ana Falera UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Prisca Budi Juvitasari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Kemampuan literasi pada anak usia dini berkontribusi terhadap kesuksesan anak di masa mendatang. Kemampuan ini menjadi salah satu pondasi untuk meningkatkan kemampuan lainnya seperti kemampuan bahasa, kognitif, dan sosial. Namun, kemampuan literasi pada anak masih rendah. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi anak usia dini adalah dengan mengoptimalkan pojok baca di lingkungan pendidikan anak usia dini. Pojok baca merupakan area yang didesain khusus untuk mendorong anak berinteraksi dengan buku secara mandiri maupun dengan pendampingan pendidik atau orang tua. Namun, dalam implementasinya, pojok baca di berbagai satuan pendidikan masih menghadapi kendala. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan model optimalisasi pojok baca yang efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi anak usia dini, Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan peneliti sebagai instrumen kunci.  Hasil dari penelitian tersebut, peneliti menemukan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pojok baca untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini yaitu desain pojok baca yang menarik, pemilihan buku yang sesuai dengan minat dan usia anak, pendekatan interaktif, dukungan pendidik dan orangtua, mengaitkan pojok baca dengan aktivitas nyata,  serta memberikan penghargaan.

Downloads

Published

2025-05-20