PENGGUNAAN MEDIA BALLA CARA’DE (BACA) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Musifa Trias universitas negeri makassar
  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akil Musi Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuardi Universitas Negeri Makassar
  • Hajerah Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pemasalahan rendahnya kemampuan literasi anak usia dini menjadi perhatian dalam dunia pendidikan, khususnya di tengah tuntutan Kurikulum Merdeka yang mengedepankan pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran visual berkearifan lokal bernama Balla Cara’de (BACA), sebuah media inovatif berbentuk rumah pintar yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan jenis model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Strategi pembelajaran berdiferensiasi diterapkan untuk menyesuaikan pembelajaran dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan individu anak Media Balla Cara’de (BACA) dirancang dengan lima area literasi yang mencakup aktivitas membaca, menulis, menyimak cerita, menyusun kata, dan bermain suku kata, yang terintegrasi dengan teknologi digital seperti barcode untuk akses cerita dan game edukatif. Hasil validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan tingkat kevalidan sangat tinggi dengan persentase 90,27% (media) dan 81,82% (buku panduan). Uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 99,44%, menandakan media ini mudah digunakan dan efektif dalam pembelajaran. Implementasi media menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi anak, dengan rata-rata capaian indikator sebesar 90,77%, pada indikator literasi : pemahaman huruf, menyimak dan bercerita, kemampuan baca tulis serta minat dan partisipasi belajar. Media Balla Cara’de (BACA) terbukti sangat efektif sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran literasi anak usia dini yang menyenangkan,berpusat pada anak dan kontekstual.

Downloads

Published

2025-05-20