PRINSIP DAN TEKNIK PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA PRA-SEKOLAH

Authors

  • Iin Inawati STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.2.1.11-18

Keywords:

karakteristik belajar anak, bernyanyi, bercerita, permainan, TPR

Abstract

Pengajaran bahasa Inggris untuk anak di Indonesia semakin berkembang, bahkan bahasa Inggris sudah dikenalkan di taman kanak-kanak baik di kota maupun di desa. Demi tercapainya kesuksesan dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak, khususnya usia pra-sekolah, guru harus memiliki pengetahuan tentang karakteristik belajar anak yang nantinya mempengaruhi teknik pengajaran bahasa Inggris untuk anak yang sesuai dengan karakteristik belajar anak. Karakteristik tersebut antara lain: 1) anak-anak belajar dari pengalaman fisik (learning by doing); 2) anak-anak mengalami kesulitan membedakan konsep konkret dan abstrak; 3) anak-anak dapat berkonsentrasi hanya dalam rentang waktu yang singkat; 4) anak-anak belajar dengan cara yang menyeluruh;  dan 5) anak-anak menyukai pengulangan. Dengan mengetahui karakteristik belajar anak maka guru diharapkan dapat menerapkan teknik mengajar yang menarik, misalnya bernyanyi, permainan, bercerita, role-play, atau TPR sehingga prinsip bermain sambil belajar bagi anak pra-sekolah dapat diterapkan dengan sebenar-benarnya.

Author Biography

Iin Inawati, STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

References

Akbari, O. 2008. Teaching Vocabulary Items through Contextualization and Picture to Elementary Iranian EFL Students. (http://www.asian-efl-journal.com/ september_08_oa.php)

Bedson, G. and Gordon, L. 2004. Resource Books for Teachers Series Editor Alan Maley: Games for Children. Oxford: Oxford University Press.

Brown, H. D. 2001. Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Fleta, M. T. 2007. The Role of Interaction in the Young Learners’ Class. Encuentro 17, pp. 6-17)

Girard, D. et al. 2003. The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.

Inawati, I. 2010. Teaching English to Young Learners through Role Play: A case study at a private kindergarten in Bandung). Bandung: Indonesia University of Education. (Tesis, tidak dipublikasikan).

Leny, 2006. Teaching Vocabulary through Pictures to Kindergarten Students. Jakarta: English Department, Faculty of Tarbiyah and Teachers Training, Syarif Hidayatullah state Islamic university. Thesis. (Accessed from http://idb4.wikispaces.com/file/view/.pdf retrieved on March 19th, 2010)

Musthafa, B. 2008. Teaching English to Young Learners: Principles and Techniques. Bandung: UPI

Paul, D. 2007. Teaching Children in Asia. Hong Kong: Pearson Longman.

Phillips, S. 1996. Drama with Children. Oxford: Oxford University Press.

Suyanto, K.K.E. 2008. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-06-12