HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DAN REGULASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL

Trika Nuperawati, Yufiarti Yufiarti, Muhammad Syarief Sumantri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan keterampilan sosial. Penelitian ini dilakasanakan SDN Tambun Selatan, Kab. Bekasi. Pelaksanaan penelitian ini dari Agustus sampai dengan September 2017,  dengan subjek penelitian sebanyak 96 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anakdengan keterampilan sosial,  koefisien determinasi = 0,802. 2) terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan keterampilan sosial, koefisien determinasi = 0,086.  dan 3) terdapat hubungan positif antara persepsi tentang pola asuh anak, regulasi diri dan keterampilan social, koefisien determinasi = 0,142. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah, peningkatan ketiga variabel bebas tersebut dapat memperbaiki dan meningkatkan keterampilan sosial mereka . saran yang dapat diberikan guru dapat melakukan pelatihan atau pembelajaran formal dan norformal oleh lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal, sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan keterampilan sosial siswa.

Keywords


Penelitian Korelasional, Pola Asuh, Regulasi Diri

Full Text:

PDF

References


Bandura, Self-Efficacy: The Exercise Of Control (New York: W.H. Freeman And Company, 1997.

Barry, Christopher T. et al, Child Versus Parent Reports of Parenting Practices: Implications for the Conceptualization of Child Behavioral and Emotional Problems, Assessment 2008; 15; 294 originally published online Jan 8, 2008; DOI: 10.1177/1073191107312212

Bahrami, Azam, The Effect of Happiness on Various Aspects of Parenting and Positive Parenting, Psychol Behav Sci Int J 4(1): PBSIJ.MS.ID.555627 (2017)

Bibi, Farzana et al, Contribution of Parenting Style in life domain of Children, IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 12, Issue 2 (May. - Jun. 2013), PP 91-95, e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845. www.Iosrjournals.Org

Deniz, M. Engin., Evren Ersoy, Examining the Relationship of Social Skills, Problem Solving and Bullying in Adolescents, International Online Journal of Educational Sciences, 2016, 8(1), 1-7

Gulcin, Guven, Investigation Of The Relationship Between Social Skills And Self-Management Behaviors Of 5 Year Old Children. Journal Of Educational And Instructional Studies In The World February, March, April 2013, Volume: 3 Issue: 1 Article: 07 Issn: 2146-7463

Gardner, Howard. (1999). Multiple Intelligences : Theory In Practice. USA: Basic BooksHarper Collins Publishers. Inc.

Hoskin, Donna Hancock, Consequences of Parenting on Adolescent Outcomes, Societies 2014, 4, 506–531; doi:10.3390/soc4030506

Leidy, Melinda S. et al, Positive Parenting, Family Cohesion, And Child Social Competenc Among Immigrant Latino Families, Journal of Family Psychology, 2010, Vol. 24, No. 3, 252–260, DOI: 10.1037/a0019407

Zimmerman, Theories of Self Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview and Analysis, 2001.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.1.27-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ