DETEKSI TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 2-4 TAHUN DI PAUD AL-HIDAYAH

Nursalim Nursalim

Abstract


Tulisan didasari temuan peneliti saat observasi pendahuluan dimana para pendidik di PAUD Al-Hidayah memiliki keterbatasan kemampuan dalam mengukur dan mendeteksi tumbuh kembang anak usia 2-4 tahun. Karena itu tulisan ini bertujuan mengedukasi para pendidik di PAUD Al-Hidayah dalam mendeteksi tumbuh kembang anak usia 2-4 tahun sekaligus melaksanakan praktik deteksi tumbuh kembang anak usia 2-4 tahun di PAUD Al-Hidayah. Hasil dari praktik deteksi diperoleh informasi bahwa pada anak usia 2 tahun, dari lima sampel uji, seluruh anak mampu melakukan gerakan halus dan gerakan kasar dengan baik; pada indikator pengamatan ada dua anak hanya mampu menyebut tiga bagian tubuh; pada indikator bicara ada satu anak yang tidak menjawab pertanyaan dan ada dua anak yang menjawab pertanyaan dengan satu kata; dan pada indikator sosialisasi ada satu anak memilih asyik bermain dari pada meniru kegiatan orang dewasa. Pada anak usia 3 tahun, dari delapan sampel uji, semua anak mampu memenuhi indikator gerakan kasar dan sosialisasi; pada indikator gerakan halus ada dua anak kesulitan membuat lingkaran; pada indikator pengamatan ada tiga anak kesulitan menyebutkan warna terong dan wortel; pada indikator bicara ada dua anak yang tidak menjawab pertanyaan dan memilih cuek. Pada anak usia 4 tahun, dari tujuh sampel uji, semua anak lulus uji sesuai kriteria yang ditetapkan.

Keywords


Deteksi Tumbuh Kembang, Anak Usia Dini, PAUD Al-Hidayah

Full Text:

PDF

References


Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Indragiri A. 2010. Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.

Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lampiran Kartu Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dalam Petunjuk Teknis Penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 28 Ayat 1.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

gscroone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ