PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SEKS DI TAMAN KANAK-KANAK

Serli Marlina, Rismareni Pransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan pendidikan Seks di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Peneliti melakukan kajian yang berkaitan dengan teori yang berkaitan dengan topik penelitian, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Pengembangan pendidikan seks di Taman Kanak-kanak bertujuan untuk memberikan pengetahuan seks sesuai dengan usia dan perkembangan pada anak agar bisa terhindar dari tindakan kekerasan seksual. Pengembangan pendidikan seks berikutnya melalui Program Underwear Rules, Program underwear rules adalah program underwear rules berkembang untuk membantu guru memulai diskusi pendidikan seks dengan anak.


Keywords


pendidikan seks, pengembangan, taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Aji Anda Siregar. 2014. Pendidikan Seks oleh Orang Tua Pada Remaja Akhir . Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Skripsi

Anwar, Desy. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indoneisa. Surabaya: Amelia.

Aprilia,dkk. 2014. Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dan Anak Mengenai Pendidikan Seks Pada Masa Awal Pubertas di Kelurahan Malalayang I Manado

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gava Media.

Chomaria, Nurul. 2012. Pendidikan Seks Untik Anak. Solo : Aqwam Jembatan Ilmu

Detik News. 2017. Terjadi 393 kasus pelecehan seksual di SUMBAR. https://news.detik.com/berita/d-3475726/terjadi-393-kasus-pelecehan-seksual-anak-di-sumbar-sepanjang-2016. Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Fakhruddin, Aset Umar. 2010. Sukses menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.

Gayatri, Gusti Ayu. 2015. “Kasus Tertinggi di Padang dan Pessel”. www.koran.padek.co/read/detail/43608. Di aksespadatanggal 29 Juni 2016

Gunawan, imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Justicia, Risty. 2006. Program Underwear Rulesuntuk Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 9 Edisi 2, November 2016. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/101/101

Permendikbud No 146 tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013.

Kurnia, Nahda dan Ellen Tjandra. 2012. Bunda, Seks itu Apa sih ?. Jakarta : Gramedia

Marlina, Serli. 2016. Inovasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Pendidikan Seks Pada Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun). Proseding Seminar Nasional. Universitas Negeri Malang.

Marlina, Serli. 2017. Materi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Makalah Pengabdian Ipteks Bagi Masyarakat.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Mukhtar Latif, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Boyke Dian dan Sonia Wibisono. 2016. Adik Bayi Datang Dari Mana ? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini. Jakarta: Noura Books

Roqib, Moh. 2008. “Pendidikan Seks pada Anak usia Dini”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, (online), Vol 13, No.2, (diunduh 29 Juni 2016).

Sujiono, Yuliani Nurani, dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press

Suyadi, dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Tretsakis, Maria. 2003. Seks & Anak-Anak. Bandung: Pionir Jaya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik . Jakarta : Kencana.

Triyono, Heru. 2016. “Ketua KPAI Asrorun Ni’am Sholeh: Kebiri Tak Langar HAk Asasi”. https://beritagar.id/artikel/bincang/ketua-kpai-asrorun-niam-sholeh-kebiri-tak-langgar-hak-asasi . Di akses pada tanggal 23 Agustus 2016

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Yamin, Martinis, dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD . Jambi : Referensi




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.2.1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ