PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI EKOLOGI BAGI GURU PAUD KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Yaswinda Yaswinda, Yulsyofriend Yulsyofriend, Farida Mayar

Abstract


Banyak guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memberikan stimulasi pada anak dengan penekanan pada pengembangan kognitif anak.  Stimulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan anak ini dapat membahayakan anak, namun di sisi lain masih banyak guru-guru yang belum memahami stimulasi dan model pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini. Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru PAUD Tilatang Kamang, Kabupaten Agam  dalam menyusun bahan pembelajaran sains anak usia dini yang berbasis multisensori-ekologi yang bertujuan untuk meningkatkan kognitif, sosial emosinal dan fisik anak secara bersamaan.  Kegiatan ini  menjalin mitra dengan dua lembaga PAUD yang berada di Tilatang Kamang yaitu PAUD Asysyifa dan PAUD Al Haramain. Kemitraan berupa pelatihan  Guru PAUD di Kecamatan Tilatang Kamang dan pendampingan guru-guru PAUD di kedua lembaga PAUD. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan  penyusunan bahan pembelajaran model pembelajaran sains berbasis multisensori-ekologi (PSB Mugi) karena keungulan model PSB Mugi adalah dapat meningkatkan kognitif, sosial emosional dan fisik anak secara bersamaan.  Penyusunan bahan pembelajran sains ini menjadi solusi atas kurangnya ketersediaan bahan pembelajaran sains anak usia dini bagi Guru PAUD.

Keywords


Model Pembelajaran, Sains Berbasis Multisensori-ekologi (PSB Mugi), Pendidikan Anak Usia Dini,

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Agam, 2016, Statistik Kecamatan Tilatang Kamang 2016, Lubuk Basung: Sarana Multi Abadi.

Brewer, Jo A. 2007 Early Childhood Education, Preschool Throught Primary Grades Sixth Edition, Boston : Pearson.

C, Rosalind and K.L., Karen. 2010. Math and Science for Young Children. Sixth Edition. Wadsworth : Cengage Learning.

Cutter M, Amy, Suzy E, Annette G, Noel G, and Hilary W 2014 Everyday Environmental Education Experiences: The Role of Content in Early Childhood Education Australian Journal of Environmental Education Vol 30 127

Fox, Jill Englebright and Schirrmacher, Robert. 2012. Art and Creative Development for Young Children, 7 th Edition. China : Wadsworth, Cengage Learning.

Henniger, Michael L. 2013 Teaching Young Children An Introduction, 5 th Edition, Boston : Pearson.

Jackman, Hilda L. 2012. Early Education Curriculum, A Child Connection to The World . Fifth Edition, Wadsworth: Cencage learning.

Muntomimah 2014 Jurnal pendidikan Anak Usia Dini Jakarta PPS UNJ Vol 8 73-164.

M L, Claire, Marilyn F, and Susan E. 2010 Early Childhood Curriculum. Planning, Assessment and Implementation. Cambrige: Cambrige University Press

Marjanca K, Brigita S, and Janez J. 2015. Problems of Education in the 21st Century. Vol 64

S, Sandra. 2013. The Developing Child in the 21st Century, A global Perspective on Child Development .Second Edition .London: Routledge.

Yaswinda. 2012. The Problem of Early Childhood Science Learning, in Proceedings of Padang: Padang: International Conference on Early Childhood Education. Faculty of Education ,PG PAUD UNP.

Yaswinda, 2017. Pelaksanaan Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-Ekologi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 6 Kota Padang. Pedagogi. Volume: XVII No.2. November 2017 ; pp. 18 - 25 / P-ISSN: 1411-4585 E-ISSN: 2549-6743 . http://pedagogi.ppj.unp.ac.id

Yaswinda. (2017), Science Learning Model Based on Multisensory-Ecology in Early Childhood Education: A Conceptual Model. 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16). Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 58. .p. 463-468

Yaswinda, 2018. Development of a Procedural Model of Science Based on Multisensory-Ecology for Early Childhood Education. Part of series: ASSEHR, ISSN: 2352-5398, volume: 169 ISBN: 978-94-6252-454-5. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-17/25889760.

Wofgang, Charles H dan.Wofgang, Mary E. 1992. School for Young Children: Developmentally Appropriate Practices USA: Allyn and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.2.13-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ