PROGRAM STIMULASI SENSORI PERABAAN MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI (BALOK) UNTUK ANAK TODDLER

Zulminiati Zulminiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media tiga dimensi (balok) terhadap stimulasi sensori perabaan bagi anak toddler di PAUD HIKARI Kids Club Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode terapan dengan menggunakan media tiga dimensi (balok). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan mendengar anak  waktu pre- test 47,5 %, lebih  rendah  dibandingkan  dengan nilai rata- rata setelah  post -test 65 %. Berdasarkan perhitungan ini menunjukkan bahwa media tiga dimensi (balok ) praktis  untuk stimulasi sensori perabaan bagi  anak toddler. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media tiga dimensi (balok) sangat efektif terhadap stimulasi sensori  perabaan bagi  anak  toddler di PAUD/ TPA HIKARI Kids Club Padang.

Keywords


Stimulasi Sensori Perabaan, Media Tiga Dimensi (Balok), Toddler

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 th 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depsiknas.

Mulyasa. (2012). Manajamen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Montolalu. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Sanan, Samin 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Gang Persada Press Group,

Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.

Sudarna. (2014). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Berkarakter Melejitkan Kepribadian anak secara utuh. Yogyakarta: Distribusi Nasional.

Sudjana, nana. 2011. Dasar-Dasar Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Wiyani, Norvan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.2.23-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ