MODEL PEMBELAJARAN BERBAHASA SANTUN MELALUI CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PARIAMAN

Nenny Mahyuddin, Yenni Rozimela, Yaswinda Yaswinda

Abstract


Tujuan penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya (Skim Penelitian Produk Terapan, 2017).  Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari teori Borg and Gall dengan langkah-langkah yaitu: (1) Melakukan penelitianpendahuluan; (2) Melakukan perencanaan; (3) Mendesain produk awal; (4)Melakukan uji coba desain produk/uji ahli atau expert judgement; (5)Melakukan revisi terhadap desain produk; (6) Melakukan uji coba produk/ujicoba awal; (7) Melakukan revisi terhadap produk awal; (8) Melakukan ujicoba pemakaian; (9) Melakukan revisi terhadap produk akhir; (10)Mendesiminasikan dan mengimplementasikan produk. Model yang digunakan adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang secara konten terintegrasi antara ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan ilmu Teknologi Informatika Komputer (TI). Rencana di tahun ke dua ini, peneliti akan merevisi modul pembelajaran untuk guru dan mencetaknya, uji coba pada kelompok besar, evaluasi produk, pengolahan data hasil implementasi penuh, pengurusan presentasi dalam pertemuan ilmiah nasional, pengurusan pemakalah dalam pertemuan ilmiah internasional, pengurusan hak paten dan hak cipta, dan pelaporan akhir. Manfaat penelitian ini insya allah akan berguna bagi pemangku kepentingan (stakeholders) yaitu lembaga pendidikan Aisyiyah yang berada di Sumatera Barat. Terutama pada lembaga PAUD yang berada di bawah naungan Aisyiyah yang berada di daerah-daerah yang kurang mendapatkan bantuan media pembelajaran karena keterbatasan biaya. Untuk itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu melengkapi sarana media berupa laptop beserta CD pembelajaran interaktif sehingga berguna untuk memperlancar proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah.

Keywords


kesantunan berbahasa, Taman Kanak-kanak, CD pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Septiana. dkk. 2012. Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic (Studi Kasus CV. Ganetic). e-Jurnal Algoritma, (Online), Vol.1, No.9, (http://sttgarut.ac.id/jurnal/, diakses tanggal 13 Juli 2017).

Permendiknas. 2007. Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Guru dan Kompetensi Guru.

Sujiono. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wa Ode Nur Jamily. 2015. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015 / ISSN 1979-8296).




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.2.2.49-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

gscroone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ