PENERAPAN PERMAINAN MODIFIKASI TAPAK GUNUNG UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUTIARA, CIPUTAT

Authors

  • Tiara Astari UniversitasMuhammadiyah Jakarta
  • Syifa Safira Raudhlatul Athfal Mutiara

DOI:

https://doi.org/10.24853/yby.3.1.43-56

Keywords:

kemampuan bahasa, anak usia 4-5 tahun, permainan modifikasi tapak gunung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui permainan modifikasi tapak gunung. Penelitian ini disebabkan oleh adanya hasil pengamatan pada kecerdasan bahasa anak yang belum berkembang secara maksimal, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti kekurangan tersebut dan mengajukan solusi serta mengembangkannya. Penelitian tindakan kelas diambil oleh peneliti sebagai metode penelitian dengan melakukan tindakan dua siklus. Analisis presentasi data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada kriteria keberhasilan yang disepakati yaitu dengan menggunakan skor minimum keverhasilan 75%. Hasil penelitian data pada siklus 1 dan siklus dapat dinyatakan bahwa keseluruhan siswa yang memiliki kecerdasan bahasa pada siklus 1 mencapai 70% dan meningkatpada siklus 2 menjasi 80%, sehingga berdasarkan hasil peningkatan persentasi dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Implikasi penelitian ini adalah bahwa permainan modifikasi tapak gunung dapat dijadikan alternative pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun

Author Biographies

Tiara Astari, UniversitasMuhammadiyah Jakarta

PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

Syifa Safira, Raudhlatul Athfal Mutiara

Guru Raudhlatul Athfal

References

nak, Bawang. 2016. Pengertian dan Sejarah Engklek. Sunda.(http://www.anakbawangsolo.org/2013/07/pengertian-dan-sejarah-engklek-sunda.html) diakses 27 Maret 2017 pukul 16:30.Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo PersadaMorrison, G. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.Sujiono, Yuliani N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Grup.Sudarna. 2014. PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. YogyakartaGenius Publisher.Tedjasaputra, Mayke S. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.Wijani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Medi.Yusuf, S. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakara.Yamin, Martinis. Sanan, J.S. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia DiniPAUD. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2019-07-02