PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KOMITMEN TUJUAN GURU PAUD DI KOTA PONTIANAK

Yuniarti Yuniarti

Abstract


Pengamat Pendidikan Doni Koesoema di dalam Harian Nasional berpendapat bahwa, ketidakhadiran guru mengindikasikan komitmen yang rendah untuk mengajar. Masalah komitmen tentu tak selesai dengan pembangunan sarana pendidikan… Akibat dari sikap indispliner yang melihatkan kurangnya komitmen seorang guru, hal ini pasti sangat besar pengaruhnya pada nasib peserta didik yang pastinya. Maka tidak mengherankan guru yang profesional terlihat lebih banyak mengeluarkan usaha ekstra. Selain beban mengajar kemudian menyiapkan dokumen pembelajaran, seperti program tahunan, semesteran, rencana pembelajaran harian, dan sejumlah adminitrasi lainnya. Penelitian ini bertujuan khusus untuk mengetahui sebesar apa pengaruh efikasi diri terhadap komitmen tujuan guru Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dan teknik analisis jalur (path analysis). Pengujian analisis yang dialakukan adalah menggunakan Uji Normalitas, Uji Signifikansi, dan Linearitas Koefisien Regresi kemudian yang terakhir pengujian Hipotesis. Hasil dari penelitian untuk uji signifikansi berdasarkan nilai t hitung diperoleh nilai 4,566 lebih besar dari pada ttabel  1,967    pada α = 0,05. Karena thitung > ttabel maka persamaan regresi dinyatakan signifikan. Dengan kata lain bahwa variabel efikasi diri berpengaruh terhadap variabel komitmen tujuan. Uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 0,911 lebih kecil dari pada Ftabel (0,05) sebesar 3,94 pada α = 0,05. Karena Fhitung < Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier secara signifikan antara variabel efikasi diri dengan variabel komitmen tujuan.


Keywords


Efikasi Diri, Komitmen Tujuan, Pendidikan Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Anita Woolfook, Educational Psychology (USA: Person Education, 2007)

Craig C. Pinden, Work Motivation in OrganizationalBehavior (New York: McGraw Hill, 2008)

Don Hellriegel dan John W. Slocum, Organizational Behaviour, 13th Edition (USA: Cengage Learning, 2010)

Edwin A. Locke and Gary P. Latham, New Developments in Goal Setting and Task Performance (New York and London: Routledge part of the taylor and Francis Group, 2013)

http://www.harianjayapos.com/detail-1111-pemda-kalbar-harus-berani-rekrut-guru-bantu.html (diakses tanggal 31 Oktober 2016)

Jerald Greenberg & Robert A. Baron, Behavior In Organizations (New Jersey of Canada: Prentince-Hall, Inc. 2000)

John Arnold et. al., Work Psychology: Understanding Human Behaviour in The Workplace 4th Edition (Essex: Pearson Education, 2005)

John M. Ivancevich, Robert Konopaske, dan Michael T. Matteson, organizational Behavior and Management 9th edition (New York: McGraw-Hill, 2011)

McShane dan Von Glinow, Organizational Behavior (New York: McGraw-Hill, International edition: 2010)

Nigel Nicholson, The Blackwell, Encyclopedic Dictionary of Organizational Behavior, (USA: Blackwell Publishers, 1998)

Robert Kreitner & Angelo Knicky, Organizational Behavior 8th Ed (New York: Mc Graw-Hill, 2008)

Schermerhorn, et. al., Organizational Behavior 11th Edition (Hoboken: John Wiley & Sons, 2010)

Stephen P. Robbins dan Timothi A. Judge, Organizational Behavior (New Jersey : Pearson Educational, Inc, 2011)




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.1.57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ