KELEKATAN ANTARA ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL

Sriyanti Rahmatunnisa

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial pada anak usia dini usia 8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah anak usia 8 tahun. Sampel penelitian sebanyak 56 anak yang dipilih secara acak (random sampling).Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelekatan (X) mempunyai hubungan yang positif  dengan kemampuan sosial (Y).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah, kelekatan antara anak dengan orang tua, memiliki peran penting  terhadap kemampuan social anak. Penelitian memberikan rekomendasi kepada orang tua agar menjalin kelekatan dengan anak sehingga dapat menghadirkan diri di hadapan anak sebagai sosok yang dapat diteladani yang pada akhirnya anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dimana anak berada.


Keywords


Kelekatan; Kemampuan sosial; Anak Usia 8 Tahun

Full Text:

PDF

References


Atmowiryo, Ediastri Toto. 2008. Optimalisasi Perkembangan Anak. Jakarta: Fakultas

Psikologi UniversitasIndonesia, 2008.

Arikunto, Suharsimi. 2000.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berk, Laura E. 2007.Child Development, Seventh Edition. Illinois State University: Pearson.

Baron, Robert A , Donn Byrne. 2009. Psikologi Sosial, Edisi kesepuluh, Jilid 2. Jakarta:

Erlangga.

Djaali, Pudji Mulyono, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan: Jakarta, Grasindo, 2008.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia dini. 2018. Direktorat Jenderal PAUD dan

Dikmas Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.Gizi Untuk AUD.

Goleman, Daniel.2007. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional, Alih Bahasa T.

Hermaya.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan, Perkembangan Peserta didik. Bandung:

PustakaSetia

Papalia ,E Diane, Olds Sally Wendkos, Feldman Ruth Duskin,. 2009. Human development,

Alih Bahasa, A.K. Anwar. Jakarta: Kencana.

Hurlock,,Elizabeth B. 2014. Developmental Psychology, Psikologi Perkembangan, Alih

Bahasa,Istiwidayanti. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Santoso, Soegeng. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Slavin E.Robert. 2008. Educational Psikology, Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Alih

Bahasa,Marianto Samosi. Jakarta: PT. Indeks.

Santrock, John W. 2002. Life Span Development,Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan.Jakarta: Erlangga, 2002

_______________. 2009. Educational Psichology, Psikologi pendidikan. Edisi Ketiga.

Jakarta:Erlangga.

Safaria T. 2005. Interpersonal Intelligence,Metode Pengembangan Kecerdasan

Interpersonal Anak.Yogyakarta: Amara Books.

Sears David, O, Jonathan L. Freedman, L. Anne Peplau. 2005. Social Psychology,

edisi5 jilid 1, Alih Bahasa, Michael Ardiyanto. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Sujiono, Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan anak usia Dini. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.2.97-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ