PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018)

Meike Makagingge, Mila Karmila, Anita Chandra

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang mempengaruhi permasalahan pada anak yaitu salah satunya yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah itensitas dan kualitas kemampuan orang tua dalam mengasuh anak. Penelitian ini terdapat pengaruh pola asuh Otoriter, pola asuh Demokratis dan pola asuh Permisif terhadap perilaku sosial anak pada usia 3 – 4 tahun di KBI Al Madina Sampangan Semarang. Dalam penelitian ini mengambil sampel 38 orang tua siswa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak dan variabel independennya adalah pola asuh Otoriter, pola asuh Demokratis, dan pola asuh Permisif. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Metode deskriptif kuantitatif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat dan desain penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif kausal, asosiatif kausal adalah suatu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain yang mempunyai hubungan sebab akibat. Hasil dalam penelitian ini adalah pola asuh otoriter dan permisisf berpengaruh negatif dan pola asuh demokratis berpengaruh positif terhadap perilakau sosial anak. Dalam penelitian ini menghasilakan nilai koefisien determinasi sebesar 0,726 atau 72,6%.


Keywords


Pola Asuh Otoriter; Pola Asuh Permisif;Pola Asuh Demokratis dan Perilaku Sosial Anak

Full Text:

PDF

References


Aisyah Siti. 2008. “Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini”. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dwi Anita, 2013. “Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48 – 60 Bulan”.Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4 No. 1 Edisi Juni 2013..

Dorlina, Nurhenti. 2011. “Perkembangan Bahasa AnakPrasekolah. Jurnal Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan”. Vol. 08 No. 01.Surabaya :UNESA.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Habel. 2015. “Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 005 Di Desa Setarap Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupten Malinau”. eJournal Sosiatri-Sosiologi 2015, 3 (2): 14 – 27, ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id

Hurlock, EB. 1999. “Perkembangan Anak”, .Jilid 1, Edisi Keenam. Alih bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta : Erlangga

Pratiwi dkk. 2014. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Sosial Pada Anak Prasekolah Di Tk Pertiwi Rambipuji Jember”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember. Vol 30. 2015

Rusli Ibrahim. 2001. “Landasan Psikologi Pendidikan di Sekolah Dasar”. Jakarta: Dirjen Olahraga Depdiknas.

Santrock, Jhon. 2002. “Perkembangan Masa Hidup”, Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sofinar. 2012. “Perilaku Sosial Anak Tunagrahita Sedang”. Jurnal: Ilmiah pendidikan khusus. 1(1).133-134.

Sugiyono. 2001. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Suharsono, T.J. 2009. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Pertiwi Purwokerto Utara: Jurnal Keperawatan Soedirman. 4(3), 112-116.

Sulistiani, Wiwik. 2009. “Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Psikologi Kelautan-Kemaritiman”.Vol. 3 No. 2.Surabaya :Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah.

Susanto Ahmad. 2011. “Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya”.Jakarta: Kencana Predana Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.2.115-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ