MODUL PERLINDUNGAN ANAK: MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU PAUD TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan guru dalam mengimplementasikan materi perlindungan anak dalam pembelajaran sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Studi pendahuluan menunjukkan pengetahuan guru PAUD Lorong dan PAUD Masjid di Kota Makassar agar anak mendapatkan perlindungan dan tercegah dari tindakan kekerasan masih minim disebabkan belum ada acuan yang dapat dipedomani oleh guru. Peningkatan pengetahuan guru dilaksanakan melalui pelatihan dengan menggunakan modul perlindungan anak yang telah divalidasi oleh tujuh pakar yang menunjukkan modul berada dalam kategori baik. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah guru dari 14 PAUD Lorong dan 28 PAUD Masjid di Kota Makassar. Studi ini menyimpulkan modul perlindungan anak yang dihasilkan dapat diterapkan pada anak dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kekerasan terhadap anak, bagi guru PAUD Lorong dan PAUD Masjid di Kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, Ibnu. 2007. Corporal Punishment Dalam Dunia Pendidikan. 2007.
Borg, Walter R. dan Meredith D. Gall. 1983. Eductiobal Research An Introduction New York: Longman Inc.
BPPPA. 2014. Memotong Generasi Kekerasan. Makassar: BaKTI.
Branch, Gustafson. 1997. Survey of Instructional Development Models. New York: Syracuse University, Dick, Walter., Lou Carey dan James O. Carey. 2015. The Systematic Design Of Instructionan -8th ed. USA: Printed in the United of America,.
Djaali dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Dom Helder Camara dalam Rusdin Tompo. 2014. “Indonesia dalam Darurat Kekerasan Anak,”Fajar, 8 November 2014,
Gagne, R. M., W. W. Wager, K. C.Golas dan J.M.Keller. 2005. Principles of Instructional Design.USA: Wadsworth Thomson Learning Inc.
Nichol, Grant. 1991. Paraphilic Sex Offenders (Australia: Centre for Health Program Evaluation).
Hamburg, M.D. dan B. A. Hamburg, M.D. 2004. Preventing Hatred and Violence in Child (New York: Oxford University Press, Inc.
Handini, Myrnawati Crie. 2012. Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.
Ibrahim, Nurdin. 2010. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Kajian Teoritis dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ikayadi, Anto. 2011. Modul Aku Anak Berani Pencegahan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar. Jakarta: Rutgerswpf Indonesia.
Kadir. 2015. Statistik Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo.
Karageorge, Kathy., R. Kendall. 2008. The Role of Professional Child Care Providers in Preventing and Responding to Child Abuse and Neglect.
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar (PAUD). Jakarta: Indeks.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Educational Psychology Developing Learners. Pearson: Merrill Prentice Hall.
Prawiradilaga, Dewi Salma, D. Ariani dan H. Handoko. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana Pranadamedia Group,
Richey, Rita C. et.a. 2011. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research and Practice. New York: Routledge.
Rijbroek, Brigit., Mathilde M.H. Strating, Robbert Huijsman. 2017. Implementation of Solution Based Approach for Child Protection: A Professionals’ Perspective. Children and Youth Services Review, 82 (2017), 337–346. https://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.09.024.
Rowntree, Derek. 1994. Preparing Materials for Open, Distance and Flexible Learning an Action Guide for Teacher and Trainers. London: Kogan Page.
Salkind, Neil J. 2008. Encyclopedia of Educational Psychology. USA, SAGE Publications, Inc.
Smith, Charles A. 2008. Super Kids 8 Langkah Membuat Anak jadi Pemberani Jakarta: Bhuana Ilmu Populer,
Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional: Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga,
Unicef. 2015. Hak dan Perlindungan Anak. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan & UNICEF.
Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Van Den Akker, Jan. K. Gravemeijer, S. McKenney & N. Nieveen. 2006. Educational Design Research. New York: Routledge,
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.2.123-131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |