STIMULASI MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE MIND MAPPING BAGI GURU-GURU PAUD DI KECAMATAN AUR BIRUGO TIGO BALEH KOTA BUKITTINGGI

Yulsyofriend Yulsyofriend, Syahrul Ismet, vivi Anggraeni

Abstract


Satuan lembaga PAUD biasanya menggunakan Metode Mind Mapping untuk pengembangan motorik halus pada anak. Ketersediaan berbagai metode pembelajaran untuk kegiatan belajar-mengajar di PAUD sangat banyak. Namun karena keterbatasan guru berdampak pada minimnya metode dalam memberikan variasi dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan tidak terstimulasinya semua aspek-aspek perkembangan pada anak melalui metode Mind Mapping. Salahsatunya yaitu aspek perkembangan motorik halus. Beberapa penyebab terjadinya fenomena ini, antara lain : (1) pembelajaran lebih difokuskan kepada aspek pengembangan pada anak usia dini; (2) ketersediaan sarana dan prasarana yang tidak memadai, sesuai permasalahan yang sudah dikemukakan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas ini adalah melalui pemberian pelatihan pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul “ Pelatihan Stimulasi Motorik Halus Anak melalui Metode Mind Mapping bagi Guru-Guru PAUD di TK Nurul Hidayah, Bukittinggi. Hal ini sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan bersama ketua pengurus TK Nurul Hidayah, Bukittinggi.   Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan antara lain : (1) pembuatan Modul dalam menstimulasi motorik halus anak melalui Mind Mapping, dan (2) Melaksanakan Praktek Stimulasi motorik halus anak melalui Mind Mapping bagi Guru-Guru PAUD.


Keywords


Stimulasi Motorik Halus; Metode Mind Mapping; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abril, C. R. (2011). Music, movement, and learning. MENC Handbook of of Research Arsyad, Azhar. 2007. Media pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Asyar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Cipta.

Chirst, William dan Delone, Richard. 1975. Introduction to Material and Structur of Musik. New Jersey: Indiana University.

Daniyanto dan Steward. 2012. Langsung Jago Main Keyboard Otodidiak. Depok: Pustaka Makmur.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :

Elliot, David James. 1995. Musik Matters: A New Philosophy of Musik Education. London: Oxford University Press.

Fokusmedia. Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hurlock, Elizabeth B. dan Dhama, Agus (eds). 1997. Perkembangan Anak Jilid 1. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.

Kamien, Roger. 1998. Musik an Appreciations. Annotated Instructor's Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.

Kellough, Richard D. 1996. Understanding Childrens Art. New York: Macmillan Publishing Company.

Latif, Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Latif, Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Mahyuddin, Nenny. 2008. Asesmen Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar Paud. Jakarta selatan: Laksana.

Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Olivia, Femi. 2013. 5-7 Menit Asyik Mind Maping Kreatif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Olivia, Femi. 2013. 5-7 Menit Asyik Mind Maping Kreatif. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Sumantri, MS. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Wali PRESS.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP PRESS.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Swadarma, Doni. 2013. Mind Maping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Wilson, Margaret Berry. 2011. What Every Kindergarten Teacher Needs to Know: About Setting Up and Running at Classroom. Turner Falls, MA: Northeast Foundation for Children.

Windura, Sutanto. 2013. 1 St Mind Map untuk Siswa,Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.3.2.163-173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

gscroone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ