PENERAPAN NILAI-NILAI AKHLAK PEMBIASAAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TK HIAMA KIDS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai akhlak pembiasaan agama Islam pada siswa di TK HIAMA Kids.Menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kepustakaan, wawancara dan observasi langsung ke lapangan serta penyebaran angket. Populasi adalah seluruh orang tua siswa sebanyak 56 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan wawancara dan angket untuk para orang tua siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa menanamkan nilai-nilai akhlak pada siswa melalui pengembangan pembiasaan Agama Islam dapat membentuk akhlakul karimah melalui pembiasaan berupa contoh, praktek, dan suri teladan dari guru. Dapat disimpulkan bahwa dengan contoh sikap teladan yang baik kepada siswa serta didukung pula oleh media yang tepat, maka siswa dapat mengerti dan memahami berperilaku akhlakul karimah dengan adanya pembiasaan Agama Islam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Saebani, Beni Ahmad. dkk. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Boediono, ed., 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Diknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat 1.
Depdiknas. 2009. Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Formal (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Atfhal), Jakarta : Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.
Depag RI. 2007. Kurikulum Raudhatul Athfal (RA) Model Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Pendidikan Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam.
Marimba, Ahmad D. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al- Maarif.
Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Rosda Karya Bandung.
Mulyana, 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Kaelan. 2000. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : FAI UMJ.
Zulfitria. Arif, Zainal. 2019. “Penerapan Metode Iqro Sebagai Kemampuan Dasar Membaca
Al-Qur’an Di TK Hiama Kids”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini”. Vol. 2 (02), pp: 57-66
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.91-97
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |