ALAT PERMAINAN EDUKATIF PASAK WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA DINI

Denadia Nityanasari

Abstract


Kemampuan mengenal warna berkaitan dengan perkembangan kognitif anak usia dini, dan dalam perkembangan kemampuan ini tentunya memiliki perbedaan pada tiap anak. Ada anak dengan perkembangan yang cepat, ada pula yang lambat. Dengan judul “Alat Permainan Edukatif Pasak Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini”, Fokus penulis adalah: 1.) identifikasi hubungan antara kemampuan mengenal warna terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. 2.) Kemungkinan yang terjadi jika anak mengalami kesulitan mengenali warna-warna dasar. 3.) Deskripsi Alat Permainan Edukatif yang baik dan memaparkan salah satu contohnya, berupa papan permainan pasak warna

Keywords


Anak Usia Din; Mengenal Warna;APE

Full Text:

PDF

References


Agusta, S., Mulia, T., & Sidik, M. 2012. “Instrumen Pengujian Buta Warna Otomatis”. Jurnal Ilmiah Elite Elektro. Vol: 3(1), pp: 15-22.

Aisyah. 2017. ”Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak”. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education. Vol: 1(2), pp: 118-123.

Arimbi, Y.D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. 2018. ”Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping”. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol: 3(1), pp: 64-71.

Dhika, R.V., Ernawati. & Andreswari. 2014. “Aplikasi Tes Buta Warna dengan Metode ISHIHARA pada Smartphone Android”. Jurnal Pseudocode. Vol: 1(1), pp: 51-59.

Fitri, H. & Sembiring, A.K. 2018. “Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai”. PAUD Lentera: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol: 1(2), pp: 169-178.

Guslinda & Kurnia, R. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing.

Holis, A. 2016. “Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.Vol: 9(1), pp: 23-37.

Kurniasih, E., Rachmiazasi,L., & Agustina,D.A. 2016. “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Blanded Learning”. Jurnal Prosding Temu Ilmiah nasional Guru. Vol: VII, pp: 349-358.

Muliani, N.M., Gading, I.K. & Mahadewi, L.P.P. 2017. “Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Taman Kanak-Kanak”. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 5(3), pp: 263-272.

Meilani. 2013. “Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana”. Jurnal Humaniora. Vol: 4(1), pp: 326-338.

Mulyana, E.H., Nurzaman, I. & Fauziyah, N.S. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna”. Jurnal PAUD Agapedia. Vol: 1(1), pp: 76-91.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Octaviano, A. & Umbari, A. 2017. “Penerapan Metode Ishihara untuk Mendeteksi Buta Warna Sejak Dini Berbasis Android”. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol: 2(1), pp: 42-50.

Purwaningsih, E. 2018. “Mengenal Warna, Angka, Huruf dan Bentuk pada Anak Usia Dini Melalui Animasi Interaktif”. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. Vol: 3(2), pp: 103-110.

Ratnasari, R., Utami, N.W., & Rosdiana. 2017. “Hubungan Bermain Mengenal Warna dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lokowaru kota Malang”. Jurnal nursing News. Vol: 2(2), pp: 490-502.

Rohmah, N. 2016. “Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini”. Jurnal Tarbawi. pp:13(2).

Syamsuardi. 2012. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol: 11(1), pp: 59-67.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ