BEST PRACTICE PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH BACIRO YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan kewirausahaan di TK Khalifah Baciro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumetasi dan observasi. Sangat jarang TK yang menerapkan pendidikan kewirausahaan untuk anak usia dini. Akan tetapi di TK ini telah menerapkan pendidikan kewirausahaan pada proses pembelajaran dan merupakan salah satu keunggulan dari TK Khalifah Baciro tersebut. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan alur reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini di TK Khalifah Baciro dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mustikawati Arieny. (2015). Program market day sebagai sarana menumbuhkan jiwa Kewirausahaan siswa sdit luqman al-hakim Internasional banguntapan, bantul, yogyakarta Jurusan kependidikan islam Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta.
Barnawi dan Mohammad Arifin (2012). School Preneur: membangkitkan jiwa dan sikap kewirausahaan siswa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Peraturan Mentri No.146. Jakarta
Gendrowati, Imung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bacan, Halmahera Selatan)” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Indriatmi,W & Z. Arifin.2002. Kewirausahaan. Buku Materi/Diktat Bahan Ajar. Bogor: STTP Bogor.
Kasmir, ( 2009) Kewirausahaan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Machali, Imam (ed), Pendidikan Entrepreneurship Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas, Yogyakarta: Tim Penelitian Program Pengembangan Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Moleong, Lexy.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sofino. (2017) Pembelajaran Kewiraushaan pada PAUD, Pendidikan nonformal FKIP Universitas Bengkulu
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.
Suyadi, (2011) Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
______, (2014) Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.15-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |