BEST PRACTICE PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH BACIRO YOGYAKARTA

Arisna Wahyuni, Suyadi Suyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan kewirausahaan di TK Khalifah Baciro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumetasi dan observasi. Sangat jarang TK yang menerapkan pendidikan kewirausahaan untuk anak usia dini. Akan tetapi di TK ini  telah menerapkan pendidikan kewirausahaan pada proses pembelajaran dan merupakan salah satu keunggulan dari TK Khalifah Baciro tersebut. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan alur reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  pendidikan kewirausahaan  pada anak usia dini di TK Khalifah Baciro dengan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran. 


Keywords


Pendidikan Kewirausahaan;Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Mustikawati Arieny. (2015). Program market day sebagai sarana menumbuhkan jiwa Kewirausahaan siswa sdit luqman al-hakim Internasional banguntapan, bantul, yogyakarta Jurusan kependidikan islam Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan Universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta.

Barnawi dan Mohammad Arifin (2012). School Preneur: membangkitkan jiwa dan sikap kewirausahaan siswa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Peraturan Mentri No.146. Jakarta

Gendrowati, Imung, ”Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bacan, Halmahera Selatan)” Tesis, PGRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Indriatmi,W & Z. Arifin.2002. Kewirausahaan. Buku Materi/Diktat Bahan Ajar. Bogor: STTP Bogor.

Kasmir, ( 2009) Kewirausahaan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Machali, Imam (ed), Pendidikan Entrepreneurship Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas, Yogyakarta: Tim Penelitian Program Pengembangan Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Moleong, Lexy.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sofino. (2017) Pembelajaran Kewiraushaan pada PAUD, Pendidikan nonformal FKIP Universitas Bengkulu

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.

Suyadi, (2011) Manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______, (2014) Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.15-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ