MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MENCAMPUR WARNA DI TK KEHIDUPAN ELFHALUY TENGGARONG

Sri Hidayati, Robingatun Robingatun, Wildan Saugi

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi pentingnya kemampuan mengenal warna anak melalui media pembelajaran di PAUD. Permasalahan yang terjadi pada anak disebabkan  kurangnya motivasi belajar anak, serta pemikiran orangtua yang mengesampingkan pengetahuan tentang mengenal warna, orangtua hanya cenderung mementingkan pengetahuan huruf dan angka, serta pendidik hanya menggunakan media papan warna dan origami dengan metode bercakap-cakap sehingga kurang efektif dalam pembelajaran pengenalan warna. Peneliti melakukan observasi awal didapatkan hasil 11% tingkat keberhasilan belajar yang dicapai yakni kemampuan anak menyebutkan warna primer, mengelompokkan warna, dan menginformasikan hasil dari pencampuran warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna melalui kegiatan mencampur warna di kelompok A TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong.

Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan nilai rata-rata peningkatan kemampuan pengenalan warna anak pada pra tindakan adalah 11% dengan kategori Belum Berkembang (BB), siklus I adalah 23% dengan kategori Mulai Berkembang (MB), siklus II adalah 67% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan siklus III adalah 86% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencampur warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak di kelompok A TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong.


Keywords


kemampuan mengenal warna; mencampur warna; TK Kehidupan Elfhaluy

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Daniati, Eko, dkk. 2009. Sumber Penilitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Departemen Agama RI. 2008. Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: CV. Puta Thoha.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fajriani, Kartika. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada Anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol 2, No.1: 1-13.

Kemendikbud RI. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ngatinah. 2011. Penerapan Metode Eksperimen Bermain Pencampuran Warna Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan IV Kejayaan Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nugraha, Ali. 2010. Dasar-Dasar Matematika dan Sains, Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurwati. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol 2, No.1: 15-31.

Prawira, Sulasmi Darma. 2002. Warna Teori dan Kreativitas Penggunaannya, Bandung: ITB.

Rahmawati, Eka. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 3-4 tahun di PAUD DDI Tani Aman. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: IAIN Samarinda.

Rasyid, Harun, dkk. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sujiono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Metode Pengembangan Kognitif, (Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsuddin, Erman , dkk. 2015. Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Yuniawati, Ely. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A di Paud Kasih Bunda Tenggarong. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: IAIN Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.23-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ