PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN GEOMETRI ANAK

Ririn Fitri Sukadariyah, Atin Fatimah, Kristiana Maryani

Abstract


Permainan tradisional engklek merupakan salah satu permainan yang dimainkan dan digemari oleh anak-anak. Permainan ini tidak hanya dapat mengembangkan fisik motorik anak namun dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan kemampuan lainnya. Pengenalan bentuk geometri sangat diperlukan oleh anak sejak dini yang dapat distimulasi dengan berbagai cara dan media salah satunya dengan permainan tradisional engklek. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) ingin mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun; (2) menganalisis perbedaan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif quasi ekperimen dengan pendekatan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu kelompok B di TK Pembangunan Swasembada Anyar yang berjumlah 34 anak, yang dijadikan sampel pada kelompok eksperimen yaitu kelompok B3 dengan jumlah 17 anak dan kelompok control yaitu kelompok B1 dengan jumlah 17 anak. Observasi dan dokumentasi dijadikan sebagai instrument dalam pengumpulan data dan uji prasyarat serta uji-t digunakan untuk teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan mengenai permainan tradisional engklek terhadap kemampuan geometri anak dengan dua kelompok yang terdistribusi normal (0,487 > 0,05) dan dari uji homogenitas didapat kedua kelompok bersifat homogen (0,252 > 0,05). Hasil dari uji-t (0,000 < 0,05) menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara  kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kemampuan geometri anak melalui kegiatan permainan tradisional engklek.


Keywords


Permainan Tradisional Engklek; Kemampuan Geometri; Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Kusni. 2008. Geometri Dasar. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Lestari K.W. 2011. Konsep Matematika. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulyani, Sri. 2013. Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing

Prihandoko, C Antonius. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Sujarno, dkk. 2013. Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB)

Suyadi, Ulfah & Maulidya 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Triharso, Agung. 2013. Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yulita, Rizki. 2017. Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta: Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ