MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELIPAT KERTAS BEKAS

Anita Damayanti, Huurul Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada usia 4-5 tahun melalui penerapan permainan melipat kertas bekas. Penelitian dilaksanakan di RA Al-Alimin Kembangan Jakarta Barat dengan subyek penelitian sebanyak 15 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis dan Mc.Taggart, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi pra-siklus memperoleh persentase sebesar 42% yang menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan motorik halus yang masih rendah sehingga dilaksanakan tindakan siklus I. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak telah mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 66%, meskipun mengalami peningkatan sebesar 24%, anak belum mampu mencapai target yang diharapkan dan belum dikategorikan berhasil sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi siklus II menunjukkan peningkatan yang baik. Dengan persentase peningkatan kemampuan motorik halus sebesar 87% meningkat sebesar 21% dari siklus I, sehingga diperoleh hasil bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II ini berhasil dengan baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan permainan melipat kertas bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun.


Keywords


Anak Usia Dini; Kemampuan Motorik Halus; Permainan Melipat Kertas Bekas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Berk, Laura E. 2007. Development Throught the Lifespan.Fourth Edition. New York: Paerson

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press

Jurnal PAUD Jateng, 2015. Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini diakses pada 3 April 2017 pukul 22:00 WIB

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Santrock, John W. 2012. Life Span Development. Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama

S Evan Sukand, Pamadhi Hajar. 2012. Seni Keterampilan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sumantri, 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,Dirjen Dikti

Suyadi. 2015.Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tambulon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama

Zulkifli, L. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.65-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ