PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK TK PADA MASA COVID-19 MELALUI PERMAINAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM

afnilas wati, Desi Mariani, Erni Wati, Junaida Sari Hasibuan, Wahidah Fitriani

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah meningkatkan kreativitas anak TK pada masa covid-19 melalui permainan kolase dengan menggunakan bahan alam dan bahan sisa. Kebaharuan dari artikel ini adalah, bahwa untuk meningkatkan kreativitas anak selama masa PSBB akibat dampak dari covid-19, dapat dilakukan oleh orang tua dirumah, karena siswa diliburkan sekolah, melalui bimbingan gurunya. Hasil penelitian adalah pengembangan kreativitas anak melalui kolase menggunakan bahan alam dan bahan sisa tercapai sesuai dengan target melalui tiga kali kegiatan, dengan pemberian arahan yang lebih intensif kepada anak, menambah jenis bahan-bahan sehingga anak merasa senang melakukan kegiatan dan anak dapat lebih mengeksplorasi ide-ide kreatifnya, serta memberikan perhatian, pujian semangat dan motivasi yang lebih kepada anak sehingga anak lebih bersemangat menyelesaikan hasil karya. Berdasarkan aspek kemampuan yang dikembangkan, maka kesimpulan akhir bahwa kegiatan kolase menggunakan bahan alam dan bahan sisa dapat mengembangkan kreativitas anak TK.


Keywords


kreativitas, TK, permainan kolase, bahan alam.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R, & Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan anak-mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Andi Mappiare A.T, 2006, Kamus Istilah Konseling dan Terapi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Erniwati, wahidah fitriani, 2020, Faktor-faktor Penyebab Orang Tua Melakuakan Kekerasan Verba Pada Anak Usia Dini,Yaa Bunayya, Vol 4 No. 1

Hall, Calvin S, dan Gardner Lindzey, 1993, Teori-teori Holistik: Organismik- Fenomenologis, Yogyakarta : Kanisius

Handayani, Peni Husna, dkk, 2017, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Keluarga, Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, Vol 15 No 2

Hendraningrat, Dewi dkk, 2019, Implementasi Kegiatan Menggulung, Menggunting dan Menempel, (3M) Melalui Kegiatan Bermain Kertas kokoru di Taman Kanak-Kanak Seroja Imam Samarinda, Cakrawala Dini, Vol 10, No 2

Idris, 1075, Cita Karya 3, Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Istianti, Tuti, 2013, Pengembangan Kreativitas Anak melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar bagi Anak Usia Dini, Cakrawala Dini, Vol 4, No. 2

Jalal. F, 2004. Arah dan Kebajikan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Makalah Dalam Seminardan Lokakarya Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Menyongsong Kurikulum Pendidikan Anak Ussia Dini Jalur Pendidikan Non Formal, Kerjasama Dirjen PLS Depdiknas denfgan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Program Pacasarjana UNJ. Jakrta Oktober 2004.

Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.3 No. 1

Muhammad Mahmud, 1984, ‘Ilmu Al- Ma’asyhiru Fi Dhaw’I Al- Islam, Jeddah : Dar Al- Syuruq

Qurratu A’yuna, 2015, Kontribusi Peran Orang Tua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa, Jurnal Ilmiah Edukasi, vol 1 Nomor 1

Setiawan, Made Putrawan, Semiawan R. Conny, 2002. Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumanto, 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.99-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ