ANALISIS PERMAINAN BALOK PADA ANAK TERDAMPAK SOCIAL DISTANCING AKIBAT COVID-19 DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK DI KELAS B TK Pra SEKOLAH ISTIQOMAH GREGES TEMBARAK TEMANGGUNG

Dina Nurul Izzati

Abstract


Permainan balok sudah tidak asing dalam pendidikan anak usia dini, permaiana ini memeliki berbagai macam bentuk juga warna yang bias digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak dengan cara menyusunya. Sedangkan kecerdasan majemuk merupakan 9 dimensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Di tengah pandemic Covid-19 yang sedang dilanda Negara Indonesia bahkan di seluruh dunia, mengharuskan adanya social distancing atau pembatasan fisik sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah di alihkan dengan beljar di rumah via daring/online. Tujuan dari peelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi permaiana  balok dalam mengmbangakan kecerdasan majemuk anak di tengan pandemic Covid-19 yang dilakukan dirumah pada kelas B TK pra Sekolah Istiqomah Greges,Tembarak,Temanggung. Teknik yang gunakan untuk menganalisa data adalah dengan cara wawancara via whatsapp kepada guru dan orangtua murid kelas B TK pra sekolah Istiqomah Greges Tembarak Temanggung. . Dari hasil penelitian ini anak mampu mengexplore permainan balok dengan berbagai kemampuanya, sehinga permaianan balok dapat dikatakan mampu meningkatakan kecerdasan majemuk.


Keywords


permianan balok, kecerdasan majemuk, social distancing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.109-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ