STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KROMO ALUS PADA ANAK DI PAUD AMONG SIWI YOGYAKARTA

ika siti rukmana

Abstract


Abstrak

Berkurangnya kemauan anak-anak berkomunikasi dalambahasa Jawa Kromo Alus yang biasanya digunakan untuk berbicara dengan orang-orang yang lebih tua. Sehingga apabila tidak ada upaya untuk mengajarkan anak-anak tentang bahasa Jawa Kromo Alus ini akan melunturnya budaya bahasa Jawa Krama Alus yang mana nilai-nilai kesopanan secara tidak langsung juga akan luntur. Maka dari itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di PAUD Among Siwi Sewon-DIY yang mengajarkan bahasa Jawa Kromo Alus pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi dari penerapan strategi yang dilakukan oleh guru PAUD Among Siwi Yogyakarta dalam mengenalkan bahasa Jawa Krama Halur pada pesertda didiknya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dihimpun dengan pengamatan, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAUD Among Siwi Yogyakarta pada anak adalah: (1) Menggunakan metode bernyanyi berbahasa Jawa; (2) menambah kosa kata setiap pertemuan; (3) mengulang-ulang kosa kata dan artinya; (4) bercerita dengan media Wayang khas Kampoeng Doelanan Yogyakarta; (5) bermain mainan dan permainan tradisional; (6) bermain drama; (7)penugasan.

 


Keywords


Strategi, pembelajaran, bahasa jawa, kromo alus, anak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.127-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ