PENGARUH PERMAINAN BALOK CRUISSENNAIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK DI KELOMPOK A TK NUSA INDAH PALEMBANG

Titis Istikomah

Abstract


Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu ada tidaknya pengaruh permainan balok cruissennaire terhadap kemampuan berhitung pada anak di kelompok A TK Nusa Indah Palembang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan balok cruissennaire terhadap kemampuan berhitung pada anak di kelompok A TK Nusa Indah Palembang. Metode penelitian menggunakan dua jenis metode yaitu kuantitatif dan metode ekperimen. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk mengetahui akibat yang muncul dari pelakuan yang diberikan oleh peneliti dengan cara sengaja.metode ekperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Hasil penelitian diperoleh dari hasil setiap pertemuan yaitu prestest  dan posttest. Pemberian prestest bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan berhitung sebelum melakukan perlakuan. Sedangkan hasil posttest  bertujuan untuk mengetahuai apakah ada atau tidak peningkatan perkembangan kemampuan berhitung anak setelah dilakukan treatment kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan lego. Setelah diperoleh hasil perkembangan tersebut anak selanjutnya dianalisis sesuai dengan pedoman penskoran kemampuan berhitung pada anak. Rata-rata perkembangan kemampuan berhitung anak kelompok A2 pada tahap posttest yang diberi perlakuan menggunakan kegiatan berhitung dengan balok cruissennaire sebesar 49,4 lebih tinngi dari rata-rata perkembangan kemampuan berhitung pada tahap pretest 44,23.


Keywords


Permainan Balok Cruissennaire, Kemampuan Berhitung

Full Text:

PDF

References


Abdurahma, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Eliyawati, C. (2009). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadlillah. (2017). Bermain & Permainan. Jakarta: Prenadamedia Group

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional. Jakarta: Prenadamedia Group.

Purnama, S. (2018). Alat Permainan Edukatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2018). Stimulus & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.2.133-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ