KEGIATAN BERMAIN KOTAK AJAIB (MAGIC BOX) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI

Veryawan Veryawan, Mery Tan, Syarfina Syarfina

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu :1) Meningkatkan kemampuan sains anak dalam mengenal konsep benda melalui kegiatan bermain kotak ajaib (magic box), 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik, dan 3) Meningkatkan kreativitas dan proses pembelajaran melalui kegiatan bermain sehingga suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Metode dalam perbaikan pembelajaran ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas yang bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Aksi atau tindakan (acting), (3) Observasi (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Subjek dalam perbaikan pembelajaran ini adalah anak Kelompok B II TK Methodist Binjai yang berusia 5-6 tahun berjumlah 15 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Dilihat dari hasil penelitian perbaikan pembelajaran dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan bermain kotak ajaib (magic box) yang dilaksanakan di kelompok B II TK Methodist Binjai telah dapat meningkatkan kemampuan sains anak dalam mengenal konsep benda secara kualitatif. Secara kuantitatif, berdasarkan data hasil penilaian siklus II, telah terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal konsep benda pada jumlah anak yang berpredikat (BSH) berkembang sesuai harapan mencapai 53% dan jumah anak yang berpredikat ( BSB) berkembang sangat baik mencapai 47%.


Keywords


kotak ajaib (magic box), kemampuan sains, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Admayati, Syukri, M., & Halida. (2016). Peningkatan kemampuan sains pemulaan melalui metode pengamatan pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5).

Aghniarrahmah, Rukiyah, & Hasmalena. (2017). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids ( The Effect on The Ability of Science Project Methods Kindergartner B Integrated Early Childhood Happy Kids ). Edukasi, VI, 34–37.

Amalia, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.3.2

Dewi, N. M. W. P., Jampel, I. N., & Tirtayani, L. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Penerapan Metode Eksperiman pada Kelompok A TK Sandhy Putra Singaraja. 4(2).

Putra, S. R. (2013). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta:DIVA Press.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Salim, E., & Hariyanti, D. P. D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B Di Tk Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/201 4. Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Paudia/Article/View/511, 3(2), 84–111. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.511

Sari, Y. (2012). Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi di Taman Kanak-kanak Tri Bina Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(1). http://103.216.87.80/index.php/paud/article/view/1689

Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506

Sulastri, R., Lindawati, & Rukiyah. (2018). Peningkatan Kemampuan Sains Metode Karyawisata pada Anak Kelompok B di TK IT Izzuddin Palembang. Jurnal Tumbuh Kembang, 5(2).

Susrianti, E. (2016). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di taman Kanak-kanak Pertiwi III Muaro Kalaban. Jurnal Pesona PAUD, 1(672013167), 0–15.

Veryawan. (2020). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Melalui Bermain Dengan Media Stick Angka. 7(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8878

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 50-63.

Yudiastuti, N. L. M. F., & Siswanti, D. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kotak Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Pengelompokkan Benda pada Anak Kelompok A TK Hita Widya Singaraja. Jurnal Pendidikan Daiwi Widya, 04(2), 28–42.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

gscroone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ