IMPLEMENTASI ENGLISH GAME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI USIA DINI

Fifi Nur Afifa, Septi Gumiandari

Abstract


Abstrak

Kemampuan anak usia dini atau anak prasekolah sedang dalam masa perkembangan yang sangat baik dan memiliki kemampuan mengingat yang baik. Pendidikan di Indonesia kurang menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan namun tetap optimal pada anak. Maka dengan mengimplementasikan English Games pada anak prasekolah dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan cepat. Karena dengan anak bermain sambil belajar itu dapat membuat anak menjadi nyaman serta menyenangkan untuk berpikir dan belajar. Penelitian ini menggunakan metode litelatur (kajian Pustaka). Hasil yang didapatkan : (a) anak dapat melihat kata-kata dalam bahasa Inggris dengan permainan kartu  (b) dapat melihat nama-nama binatang, nama-nama hari (c) Dapat menghafal warna dengan bernyanyi  (d) dengan kebiasaan anak bermain sambil belajar seperti itu maka dengan sendirinya ia dapat berbicara bahasa Inggris dengan perlahan dan signifikan.

Kata kunci:  anak usia dini, Permainan bahasa Inggris, kemampuan kognitif.


Keywords


Pendidikan; anak usia dini; English Games, meningkatkan kemampuan kognitif anak

Full Text:

PDF

References


Adimayanti, E., & Siyamti, D. (2020). Terapi Bermain English Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Prasekolah. Jurnal Pengabdi Kesehatan. 3(2),115-122.

Ambarini, R., Indriani, E. A., & Zahrini, A. D. (2019). Pembelajaran Bilingual English For Health Berbasis Bahasa Ibu Bagi Guru PAUD Kota Semarang. Journal of Dedicators Community. 3(2),111-132.

Andrian, S. (2017). Implementasi Strategi Multiple Intelligences pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SD Semai Jepara. Jurnal Pendidikan. 2(2),121-140.

Anhusadar, L., & Wulandari, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 58-68.

Astari, T.Y., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia. 8(2),196-210.

Dewi, N. F., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penerapan Metode Bermain Bingo untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Kosa Kata Benda Bahasa Inggris kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.17 (1),28-33.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris Untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2),1216-1227.

Fitri, N., & Hartini. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Strategi Bermain Aktif Pada Anak TK B Aisyiah Bustanul Athfal 1 Denpasar Tahun 2016. (2016). Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam. 2(1),37-46.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidik Anak Usia Dini. 5(1),158-167.

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Kartu Bergambar. Indonesian Journal Of Early Chilhood Islamic Education. 1(1),67-86.

Hijriah, A., Ali, M., & Endang, B. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 2(6),1-11.

Jazuly, A. (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa. 6(1),33-40.

Miranti, I., Engliana., & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Pengembangan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(2),167-173.

Mubarok, A. A. S. A. A., & Amini. (2020). Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Angka Melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1),77-89.

Ratminingsih, N. M. (2018). Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan. 24(1),19-28.

Soenarko, F. W., & Wandansari, Y. (2012). Penerapan Prinsip Adult Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Orangtua Mengenai Pentingnya Bermain Sambil Belajar Bagi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Prasekolah. 3(1),30-42

Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh Metode Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Bahasa Inggris pada Anak Kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 1(3),240-251.

Uzer, Y. V. (2019). Strategi Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. PERNIK Jurnal PAUD. 2(1),86-95.

Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak dan Lagu Untuk Anak PAUD. PERNIK Jurnal. 2(1),96-103.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM. 1(1),25-32.

Wahyuni, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28-40.

Wiresti, R. D., & Suyadi. (2019). Implementasi Permainan Jump Count Melalui Abacus Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. 6(2),129-140.si lain dalam penelitian.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.68-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ