Implementasi Penggunaan Jurnal Harian di Lembaga PAUD

Zahrina Amelia, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Guru sangat penting peranannya dalam mengembangkan kemampuan membaca awal anak, yang aktivitasnya tampak seperti tidak berhubungan dengan menulis dan membaca tetapi berupa tingkah laku menirukan menulis dengan coretan, pura-pura membaca dari gambar. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi dasar yang baik membantu anak untuk lebih mudah belajar membaca dan meningkatkan tingkat kesuksesan anak di sekolah. Lebih lanjut menyatakan bahwa guru dapat mendorong anak-anak, khususnya yang berusia 3-5 tahun, untuk mengomunikasikan pemikiran mereka dan mencatat ide-ide mereka namun di beberapa kelas anak usia dini, kemampuan membaca awal anak tidak terlihat. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi awal adalah dengan membuat buku harian (journal). Melalui buku harian anak dapat mengungkapkan pemikiran dan perasaan mengenai pembelajaran, melalui coretan ataupun gambar. Format penulisan jurnal dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan siswa dan tujuan guru, seperti yang diungkap dalam di daerah Klaten pada tahun 2013 dan di daerah Bontang tahun 2017. Peneliti tertarik untuk melihat penerapan penggunaan buku harian di satuan PAUD daerah Bekasi dan Depok yaitu TK Islam Al-Bayan, TPA Al-Barkah, TKIT Nur Sa’adah karena keduanya menggunakan buku harian dan anak yang diminta untuk mengisinya. Tujuannya untuk mengetahui Implementasi Penggunaan Jurnal Harian Di Lembaga PAUD. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Selain untuk mendapatkan gambaran, penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan data kualitatif mengenai penggunaan jurnal harian di lembaga PAUD.

Kata Kunci: Jurnal Harian, Pendidikan Anak Usia Dini.

Keywords


Jurnal Harian; Pendidikan Anak Usia Dini;

Full Text:

PDF

References


D. M. S. B. K. Weigel, "Pathway to literacy: connections between family assets and preschool children’s emergent literacy skills.," Journal of Early Childhood Research, p. 8, 2015.

E. D. L. a. B. D. Horwit, “Photosensory reception and transduction,” in Sensory Receptors and Signal Transduction, J. L. Spudich and B. H. Satir, Eds., New York: Wiley-Liss,, 2001, pp-1-64.

H. H. E. L. M. W. H. Rosenberg, " Resource guide for Family Engagement Across the Developmental Pathway," Harvard Family Research Project, 2010.

H. Inna, "Hanafiah Inna. (2012) studi Tentang Peran buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang di SLB Total System," 2012.

https://korankaltim.com," 02 Februari 2017. [Online]. Available: https://korankaltim.com/arsip/menulis-buku-harian-tingkatkan-daya-ingat-anak. [Accessed 01 Februari 2020].

J. A. Brewer, Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through Primary Grades, USA: Pearson , 2016.

K. &. P. D. McCartney, Blackwell Handbook of Early Childhood Development., Singapore: C.O.S Printers Pte.Ltd, 2008.

M. Syah., Psikologi Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya., Bandung : PT. Remaja Rosda Karya., 2015.

MARYANI, Kristiana. Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020, 41-52.

R. J. a. K. T. J. Smith, "“Adaptive filtering in data communications with self improved error reference,," in Proc. IEEE International Conference on Wireless Communications , USA, 2004.

S. (., Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

S. J. a. D. w. R. Wilson, "Development of a Descriptive of Earlly Childhood Writing" Resu;t From the write start," Journal of Literacy Research, vol. 47, pp. 245-249, 2015.

S. J. H. C. Kuder, Enhancing Literacy For All Student, USA: Pearson Education Inc, 2002.

V. B. (. I. g. f. D. t. s. European Telecommunications Standards Institute and ”. E. T. S. I. transmission aspects, "http://www.esti.org," Telecommunications Standart Institute, 12 november 2007. [Online]. Available: http://www.esti.org. [Accessed 05 ferbruari 2020].

V. Purcell-Gates, "Emergent literacy is emerging knowledge of written, not oral, language.New Directions for Child Adolescment development," 2011, p. 22.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.2.1-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ