PERAN SELF EFFICACY DAN KECERDASAN INTERPERSONAL GURU BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Angraeny Unedia Rachman, Angraeny Unedia Rachman, Agus Timan, Sultoni Sultoni, Sitti Khadijah, Lamijan Lamijan

Abstract


Self Efficacy dan Kecerdasan interpersonal yang rendah akan mempengaruhi guru dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak, yang akan berpengaruh terhadap proses perkembangan anak dalam upaya meningkatkan kualitas generasi masa depan yang potensial.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran self efficacy dan kecerdasan interpersonal guru terhadap perkembangan anak usia dini. Menggunakan metode metode studi pustaka (library reseach) dengan rangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah menjadi bahan penelitian. Hasil penelitian studi  literatur ini didapatkan 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi, dari tinjauan artikel di ketahui ada self efficacy dan kecerdasan interpersonal guru. Kesimpulan penelitian adalah dalam upaya meningkatkan dan mengasah kemampuan guru dalam self efficacy dan kecerdasan interpersonal dengan membuat kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam bentuk seminar, workshop dan pelatihan yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan guru dalam memberikan layanan yang optimal kepada anak sesuai dengan aspek perkembangannya.


Keywords


Self efficacy; Kecerdasan Interpersonal; Perkembangan Anak

Full Text:

PDF

References


Adirestuty, F. (2017). Pengaruh Self Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. 4(2007), 54–67.

Alevriadou, A., & Pavlidou, K. (2016). Teachers’ interpersonal style and its relationship to emotions, causal attributions, and type of challenging behaviors displayed by students with intellectual disabilities. Journal of Intellectual Disabilities, 20(3), 213–227. https://doi.org/10.1177/1744629515599108

Asmani, J. M. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD (Cetakan Pe). DIVA Press.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. W.H.Freemen and Company New York. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-60984-5.00062-7

Baracsi, Á. (2016). Emotional Intelligence of Hungarian Teachers. Universal Journal of Educational Research, 4(7), 1728–1737. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040728

Eliza, I. A. (2015). MAPPING OF INTERPERSONAL INTELLIGENCE KINDERGARTEN TEACHER IN BENAI DISTRICT KUANTAN SINGINGI GAMBARAN TENTANG KECERDASAN INTERPERSONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK SE KECAMATAN BENAI. 1–9.

Fadlillah. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Grup Jakarta.

Fadlillah. (2017). Bermain dan Permainan. Prenadamedia Goup (Divisi Kencana), Jakarta.

Hafifah, R. (2020). PENGARUH KOMITMEN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 3 KOTA PROBOLINGGO. 3(4).

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan. Literasi Nusantara Abadi,Malang.

Hasan, M. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). DIVA Press, Yogyakarta.

Hasanah, N., & Laily, N. (2020). Self-Efficacy dan Kepuasan Kerja pada Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Efektor, 7(1), 80–89. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398

Hukmi, Ria Novanti, N. R. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Kecerdasan Interpersonal Guru TK Se Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. 3, 1562–1570.

Ika, P. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PELAKSANAAN Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. 9(2), 30–46.

Islamiyah, I., Awad, F. B., & Anhusadar, L. (2020). OUTCOME PROGRAM BINA KELUARGA BALITA (BKB): KONSELING ORANG TUA DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1797

Khair, H. (2018). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Guru dalam Pendidikan. Darul Ulum, 9, 107–123.

Latif, M. dkk. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Grup Jakarta.

Mayasari, R. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tumbuh Kembang Anak,. Al-Izzah, 9(2), 155–168.

Oviyanti, F., Ilmu, D. F., & Palembang, F. (2017). URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU Abstrak.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. (2005). Sekretariat Negara, Jakarta.

Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2019). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161

Rachmayanie, R. (2017). Kontribusi Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru TK di Banjarmasin. 2.

Reny Diana, Syarwani Ahmad, A. W. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. SSN: 2614-6754 (Print) ISSN: 2614-3097(Online) Halaman 1828-1835 Volume 4 Nomor 3 Tahun 2020, 4(3), 1828–1835.

Rimang, S. S. (2011). Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna. Alfabeta,Bandung.

Rusdyanto, R. (2015). Hubungan Antara Tingkat Self-Efficacy Dengan Tingkat Kinerja Guru di Sekolah Dasar Irada Gresik. Jurnal Psikosains, 10(1), 67–78.

Sapriyanti, T., Indarto, W., & Risma, D. (2016). THE CORRELATION BETWEEN SELF ESTEEM AND INTERPERSONAL INTELLIGENCE OF KINDERGARTEN ’ S TEACHERS AT TAMPAN DISTRICT OF PEKANBARU CITY HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK. 1–12.

Sari, S. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Siswa Pada Bimbingan Belajar Onma Di Kota Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 5(1). https://doi.org/10.37676/professional.v5i1.705

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Cetakan Ke). Indeks,Jakarta.

Sutradjaja, C., Sahrani, R., & Dewi, I. R. (2019). PERAN EMPATI DAN SELF-EFFICACY GURU TK TERHADAP GAYA PENGATURAN KELAS DALAM KONTEKS UNJUSTIFIED AGGRESSION tidak terstruktur yang peneliti lakukan di beberapa taman kanak-kanak di Jakarta merupakan hal yang wajar dan merasa belum perlu menerapkan langkah . 3(2), 318–327.

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17

Wiyani, N. A. dkk. (2012). Format PAUD. Ar-Ruzz Media Group.

Yamin, M. dan J. S. (2010). Panduan PAUD. Gaung Persada Jakarta.

Yuliansyah, M., Degeng, I. N. S., Wiyono, B. B., Supriyanto, A., & Bimbingan, J. (2018). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan OCB dan Sikap Pada Profesi Keguruan Guru MTSN Se-Kota Banjarmasin. Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 94–107.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia,Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.2.22-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ