ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA MASA COVID-19

Ulya Ainur Rofiah, Siti Fatonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami tentang bagaimana asesmen penilaian perkembangan anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Iman Kuniran pada masa covid-19. Asesmen dibuat untuk mengetahui kemajuan belajar anak dan sebagai teknik pelaporan. Hal ini dikarenakan pelaporan menjadi aspek penting dalam program anak usia dini yang juga melibatkan orangtua agar mereka menjadi lebih bertanggung-jawab terhadap perkembangan anaknya. Sehingga asesmen merupakan suatu proses kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data atau bukti-bukti tentang perkembangan dan hasil belajar yang berkaitan dengan perkembangan anak usia dini. Dalam suatu lembaga asesmen merupakan istilah umum yang didefinisikan sebagai sebuah proses yang ditempuh untuk mendapatkan informasi yang digunakan dalam rangka membuat keputusan- keputusan mengenai para siswa, kurikulum, programprogram dan kebijakan pendidikan. Metode dan instrument pendidikan lainnya oleh suatu badan, lembaga, organisasi dan institusi resmi yang menyelengarakan suatu aktifitas tertentu. Selanjutnya asesmen penilaian di RA Nurul Iman ini bersifat proses, bukan bersifat hasil. Sehingga pada anak usia dini bukanlah prestasi yang akan dicapai, melainkan tingkat perkembangan yang ingin diketahui. Penilaian perkembangan pada pembelajaran anak usia dini pada dasarnya lebih tepat disebut dengan istilah asesmen perkembangan. Maka tujuan asesmen RA Nurul Iman pada pembelajaran anak usia dini yaitu untuk mengetahui permasalahan maupun perkembangan, anak selama proses pembelajaran, guna untuk mengukur tahapan perkembangan yang telah dilewati anak, yakni bersifat progresif atau tidak.


Keywords


Asesmen; Perkembangan; Anak Usia 4-5

Full Text:

PDF

References


Anthony J. Niko. 1996. Educational Assessment of Students. New Jersey/ Columbus, Ohio Merril, an Important of Prentice Hall.

Anhusadar, L. (2013). Assessment Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 58-70.

Asmidar Parapet, Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini Upaya Menumbuhkan PerilakuSosial,(Tasikmalaya:EduPublisher,2020):89,https://books.google.co.id/books?id=Xr_4DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=bimbingan+konseling+untuk+anak+usia+dini&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjo3cjxx7HsAhVVfX0KHTGaDosQ6AEwAXoE2ahUKEwjo3cjxx7HsAhVVfX0KHTGaDosQ6AEwAXoECAMQAg#v=onepage&q=bimbingan%20konseling%20untuk%20anak%20usia%20dini&f=false.

Djaali & Pudji Muljono. 2009. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta..

Freddy Rangkut Cet.8. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Gabel L. Dorothy L (ed.). 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Company.

Goodwin, W. L.,& Goodwin,L.D, Measuring Young Children. In B. Spodek (Ed.), 2000. Handbook of Research in Early Childhood Education. New York: Free Press.

J.R. Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Latipah, Eva. 2020. “Elaborating Motive And Psychological Impact Of Sharenting In Millennial Parents”. Horizon Rearch Publishing Corporation: Universal Journal Of Educational Research Vol. 8, No. 10, 17 September.

Nasriah. 2006. Perkembangan Aspek Sosial. Jakarta: Pustaka Grafika.

Patrick Grifftin dan Peter Nix. 1991. Education Assessment and Reporting a New Approach. Sydney: Harcourt Brace Jovanovich Group Pty Ltd.

Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga. 2019. Promoting Disability Rights In Indonesia. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rahmawati, Fitri. 2017. Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Sima Mulyadi & Anita Kresnawati. 2014.. Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Kesatria Siliwangi.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sukamto. 2005. Metode Pengembangan Anak. Tasik Malaya: Deepublish.

Syafdaningsih dkk,. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Zulfa. 2014.“Implementasi Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada PAUD”. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1, Juni.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.2.31-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ