GAMBARAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CINTA KASIH DESA AEKNAULI I KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Sonya B.G. Siregar, Damaiwaty Ray

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak merebut mainan teman  karena merasa mainan teman lebih menarik, anak berbicara kasar kepada teman karena diganggu bermain, anak terkadang membedakan teman yang memiliki mainan atau makanan, dan anak merusak mainan teman ketika sedang bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 Tahun di PAUD Cinta Kasih, Desa Aeknauli I, Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 orang anak usia 5-6 tahun dan sampel penelitian berjumlah 5 orang anak usia 5-6 tahun diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yaitu dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Cinta Kasih Desa Aeknauli I, Kabupaten Humbang Hasundutan adalah 77,36% termasuk dalam kriteria baik. Hasil tersebut dicakup dari empat indikator kecerdasan interpersonal, yakni kemampuan berempati pada orang lain, kemampuan mengorganisasi kelompok, kemampuan mengenal dan membaca pikiran, dan kemampuan berteman atau menjalin kontak. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Cinta kasih sudah dalam kriteria baik, namun masih perlu untuk ditingkatkan lagi melalui stimulasi atau kegiatan yang dilakukan oleh guru dan orangtua yang berbaur dengan sosial/ hubungan dengan orang lain.


Keywords


Interpersonal, empati, hubungan, social

Full Text:

PDF

References


References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barlian, E. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Padang: Sukabina Press.

Dwi Istanty. dkk. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Darul Khair Pontianak. Jurnal PG.PAUD UNTAN.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martin. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Bimbingan Konseling. . Jurnal Pendidikan Sosial.

Mira. dkk. (2015). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal PG.PAUD UNTAN.

Musfiroh, T. (2005). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta

Ranti. dkk. (2019). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahundi TK Barunawati Pontianak. Jurnal PG.PAUD UNTAN.

Rizka. dkk. (2015). Pembinaan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-5 Tahun di TK Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP SIliwangi .

Sanjaya, H. W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sujiono, Y. . (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Uno, H. . (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.6.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ