PENERAPAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Maratus Sholikha, Luluk Iffatur Rocmah

Abstract


Memahami konsep bilangan pada anak merupakan salah satu kemampuan yang harus dicapai dalam meningkatkan kemampuan mengenalkan konsep bilangan. Berdasarkan pengalaman peneliti, bahwa sebagian anak-anak kelompok bermain yang ada di KB Darussalam Balun Kejapanan, mendapatkan permasalahan dimana sebagian dari mereka kesulitan mengenal konsep bilangan. Maka dari itu diperlukan penerapan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Peneliti menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II untuk memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pada pra siklus sebagian besar anak masih memperoleh nilai rata-rata sebesar 40,28%% sedangkan pada siklus I prosentase nilai meningkat sehingga diperoleh prosentas nilai menjadi 65,97% yang berarti kurang maksimal. Kemudian peneliti melanjutkan dengan memberi tindakan pada siklus II, setelah dilakukannya penelitian pada siklus II ini prosentase nilai rata-rata anak menjadi meningkat 93,05%%, sehingga dari perolehan rata-rata di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan lagi. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara siklus I dan siklus II selama penelitian berlangsung. Dari hasil yang diperoleh terdapat peningkatan yang membuktikan bahwa dengan adanya Media Papan Flanel dapat meningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan.


Keywords


Mengenal Konsep Bilangan; Anak Usia Dini; Media Papan Flanel

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 38-49.

Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Patria, Dharma dan Tomas Irianto. 2014. “Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Bilangan 1 sampai 10 Siswa Kelas I SDLB”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa Volume I Nomor 2 (hlm 130-136). Malang: Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus Indonesia

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini antara Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Wardani, Igak. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Yudhi, Munadi. 2010. Media Pembelajaran Sebagai Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.2.79-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ