PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MASA PANDEMI PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUL FALAH CIREBON
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah pada kehidupan manusia termasuk pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai pada riset ini yakni untukmengetahui metode pembelajaran efektif di masa pandemi pada anak usia dini sebab pembelajaran era pandemi membuat belajar anak menurun, dan kurang terpantau dalam aspek perkembangan anak. Memberikan gambaran terkait pembelajaran selama pandemi, pendidik brusaha memberikan pembelajaran efektif pada anak selama pandemi. Metode yang digunakan dalam riset ini yakni kualitatif mendeskripsikan yang artinya penelitian yang mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan pendidik, orang tua. Memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan saat ini cukup efektif meskipun masih ada beberapa hambatan yang menganggu pembelajaran jarak jauh seperti masalah inteaksi sosial pendidik dengan anak, orang tua dalam mengawasi belajar jarak jauh, dan ekonomi orang tua yang nyaris belum siap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI. 2(1), 55–61.
Angka, M. (2021). Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf , Bahasa dalam. 4(1), 67–77. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.93
Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Bagus, I., Sindu, K., Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Disiplin, U. (2020). Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 169–179.
Belajar, P., & Siswa, D. (2020). PENGALAMAN BELAJAR DARING SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PANDEMI COVID-19 DI SD INKLUSIF A . Pendahuluan Merabaknya pandemi corona virus disease 2019 ( COVID-19 ) menyebabkan keresahan di berbagai belahan dunia . Sebelumnya. 8, 359–376.
Covid-, M. P., & Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. 5(September), 133–140.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Dissriany, M., & Banggur, V. (n.d.). BLENDED LEARNING : SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0. 10, 22–29.
Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. 2(2), 68–82.
Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Indonesia, G. P., Pratama, R. E., Mulyati, S., Komering, O., Timur, U., Pendidikan, D., Ogan, K., Ulu, K., Ulu, O. K., Komering, O., Timur, U., Selatan, S., & Luring, P. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Islamiyah, I., Awad, F. B., & Anhusadar, L. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38-55.
Islam, P., Usia, A., & Gresik, U. M. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi Abstrak. 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
K, A. C., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Abstrak. 4(2), 635–651. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Kata Kunci: (n.d.). 305–322.
Kemendikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020.
Krisdayanti, V., & Maryani, N. (2021). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Pengembangan Psikologi Anak Era New Normal DI Desa Jaya Mekar Kota Sukabumi Jawa Barat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i1.3616
Kristiani, Y., Widiastuti, W., Elok, U., Rasmani, E., & Wahyuningsih, S. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini Abstrak. 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Lilianti, L., Rosida, W., Adam, A., Said, H., Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., Surya, L., & Putri, R. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah Keluarga : Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini Abstrak. 5(1), 576–590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Mufaziah, E., & Fauziah, P. Y. (2021). Kendala Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746
Purba, N., & Gusar, M. R. S. (2020). Clean and Healthy Lifestyle Behavior (PHBS Program) for Children with Intellectual Disability. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 275–287. https://doi.org/10.21009/jpud.142.06
Ra, D. I., & Bima, B. (2021). Implementasi kurikulum 2013 (terpadu) di ra baiturrahman bima cirebon. 6(1), 47–58.
Rahayu, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2, 65–80. https://www.mendeley.com/catalogue/0b4b0194-02f5-3954-b2b6-bbbbc33914a4/
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Alfabeta.
Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 pertama kali di Indonesia .( COVID-19 , n . d .) Dengan adanya Virus ini pemerintah ( Covid-19 ). Pembatasan aktivitas adalah salah satu kebijakan dari pemerintah harus dijalani. 3(2), 140–160.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.1-17
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |