PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Zulfitria Zulfitria, Sriyanti Rahmatunnisa, Mutia Khanza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di TK Hiama Kids Bogor yang dalam kegiatan pembelajaran harian, guru secara rutin menggunakan metode bercerita sebagai metode utama berdampingan dengan metode-metode lain yang sesuai untuk pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Subjek penelitian, 10 anak yang duduk di kelompok B, berusia 5 – 6 tahun. Penelitian dilakukan di TK Hiama Kids, Vila Nusa Indah 3 Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Hiama Kids berkembang optimal sesuai dengan tahapan usia dan tahapan perkembangan anak serta sesuai potensi yang dimiliki masing-masing anak. Kemampuan kognitif yang berkembang meliputi: menerima dan mengungkapkan bahasa, ingatan, berpikir realistis, mengenal bilangan, mengamati sesuatu dengan teliti dan rinci. Kemampuan kognitif anak TK Hiama Kids dapat berkembang secara optimal didukung oleh berbagai faktor secara kolaboratif, diantaranya: tersedianya berbagai media belajar yang sesuai dengan materi yang akan disajikan, pemilihan dan penggunaan metode yang sesuai guna menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak. Metode bercerita baik menggunakan alat maupun tanpa alat, merupakan metode yang paling sering digunakan guru untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak.

 

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Metode bercerita, Anak Usia Dini


Keywords


Kemampuan Kognitif, Metode bercerita, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Awali Mirza. 2018. Pengaruh kemampuan Kognitif Terhadap Hasil Pembelajaran Bola

Basket. Jurnal Gelanggang Olah Raga, Volume 1 N0. 2, Januari – Juni 2018. E-ISSN:

-6567, p-ISSN: 2614-607X.

B. Merriam, Sharan dan J. Tisdell, Elizabeth. 2016. Qualitative Research, A Guide to Design

and Implementation. Jossey-Bass: United State of America.

Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Online ISSN: 2477-4715, JGA. Bol. 4 (4),

Desember 2019 (1-12), DOI: https//doi.org/10.14421/jga201944-01.

Jauhari, Moh. Irmawan. 2017. Taksonomi Bloom dan Implementasi Kurikulum Berbasis

Multikultural. KALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 1 (1).

– 253.

Kadek Dwi Arinoviani, Ketut Pudjawan, Putu Aditya Antara. e-Journal Pendidikan Anak

Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak

Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016)

Khiyarusoleh, Ujang. (2016). Konsep Dasar Pengembangan Kognitif Pada Anak Menurut

Jean Piaget. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD Vol 5(1), Maret 2016 (1-10). ISSN:

- 3876. https://journal.peradaban.ac.id.

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2015). Taksonomi Kognitif; Perkembangan Ragam Berpikir.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latifa, Umi. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar; Masalah dan

Perkembangannya. Academica: Journal of Multidiciplinary Studies Vol 1(2), Juli

Desember 2017 (185-196). ISSN: 2579-9703 (P) | ISSN: 2579-9711 (E).

https://ejournal.iainsurakarta.ac.id.

Materi Pelatihan Guru. Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. 2015. Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Naufalia Ria Trisnia, Suwarna Irma Rahma, Sutiadi Asep. 2016. Profil Kemampuan Kognitif

Siswa SMA Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Teknik Pembelajaran “Take

Away”. Prosiding Seminar Fisika (E-Journal) SNF2016. http://snf-unj.ac.id/kumpula-prosiding/snf2016. V e-ISSN:2476-9398. Volume V, Oktober 2016. P-ISSN:2339-0654.

Pitaloka Gyasya. 2019. Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al Muthi’in Banguntapan, Bantul.

Golden Age Jurnal Nurmiati. 2018. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK. ECEIJ Early Childhood Education Indonesian Journal. ISSN 2613-8972.

Ramadhan Farkiyatur, Mahanal Susriayati, Zubaidah Siti. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar

Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remad STAD. Jurnal

Pendidikan Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volome 2 Nomor 5 Bulan mei

Tahun 2017. http://Journal.um.id/index. Php/jptpp/EISSN; 2502.471X. DOAJ

SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. (2015). Modul 1; Metode Pengembangan Kognitif. Universitas

Terbuka 1 (372.21): 1-35. https://www.pustaka.ut.ac.id.

Sulastri Ni Made. 2019. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Realita Volume 4

No. 7, Edisi April 2019. ISSN 2503-1708.

Tatminingsih Sri. 2019. Alternative Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan

Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.130 Volume 3 Issue 1 (2019)




DOI: https://doi.org/10.24853/yby.5.1.53-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ