PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR DIINTEGRASIKAN DENGAN KARTU TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Annisa Laras Khairani, Ismah Ismah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum
Teaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan design penelitian yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMPIT Ulil Albab dengan sampel sebanyak 2 kelas (kelas 7 Ali dan kelas 7 Shaffiyah), pengambilan ini dilakukan dengan teknik
purposive sampling dan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan wawancara, uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 5,54 lebih besar daripada ttabel (dk = 52 pada taraf signifikan 0,05) = 1,67, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu dari analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram, dilihat dari rata-rata skor tes pada kelas eksperimen yaitu 76,96 dan pada kelas kontrol yaitu 64,73. Dari kesimpulan wawancara, siswa merasa senang dengan pembelajaran tersebut karena tidak menjenuhkan dan dengan mudah dapat mengerti dan memahami materi.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif.

Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anjasari, Meisa Dwi. (2013). “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi SifatSifat Bangun Datar Menggunakan Media Tangram Di Sekolah Dasar”. JPGSD. Vol 01

No 02.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

DePorter dkk. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di RuangRuang Kelas. Bandung: Kaifa.

Dwi, Susanto dkk. (2007). Matematika untuk SMP dan MTS kelas VII. Jakarta: PT Grasindo.

Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali

Pers.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program

SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Kosasih, Nandang. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung:

Alfabeta.

Murtafi’ah, Umi. (2012). “Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching sebagai

Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Konsep Pecahan pada siswa kelas

IV SD Negeri Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun pelajaran

/2013”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas

Muhammadiyah Surakarta (naskah diplubikasikan).

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.

Bandung: Alfabeta.

Siew, Nyet Moi dan Sopiah Abdullah. (2012). British Journal of Education, Society &

Behavioural Science 2(3): 239-259.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

SMPIT Ulil Albab. (2016). Silabus Pembelajaran SMPIT Ulil Albab tahun pelajaran 2015-

Cibitung: SMPIT Ulil Albab.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka

Baru Press.

Suprijono, Agus. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Uno, Hamzah B. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasrie, Moh. Kusnadi. (2015). Buku Pintar Matematika. Jakarta: Lingkar Media.

Wishnu, Pande dkk. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan

Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 17 Dangin

Puri Kota Denpasar”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan

PGSD. Vol 2 No 1.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.9-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ