PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR DIINTEGRASIKAN DENGAN KARTU TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.9-22Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran QuantumTeaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan design penelitian yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMPIT Ulil Albab dengan sampel sebanyak 2 kelas (kelas 7 Ali dan kelas 7 Shaffiyah), pengambilan ini dilakukan dengan teknikpurposive sampling dan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan wawancara, uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 5,54 lebih besar daripada ttabel (dk = 52 pada taraf signifikan 0,05) = 1,67, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu dari analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR diintegrasikan dengan kartu tangram, dilihat dari rata-rata skor tes pada kelas eksperimen yaitu 76,96 dan pada kelas kontrol yaitu 64,73. Dari kesimpulan wawancara, siswa merasa senang dengan pembelajaran tersebut karena tidak menjenuhkan dan dengan mudah dapat mengerti dan memahami materi.References
Ahmadi, Iif Khoiru. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif.
Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Anjasari, Meisa Dwi. (2013). “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi SifatSifat Bangun Datar Menggunakan Media Tangram Di Sekolah Dasar”. JPGSD. Vol 01
No 02.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
DePorter dkk. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di RuangRuang Kelas. Bandung: Kaifa.
Dwi, Susanto dkk. (2007). Matematika untuk SMP dan MTS kelas VII. Jakarta: PT Grasindo.
Hamzah, Ali. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali
Pers.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program
SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Kosasih, Nandang. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung:
Alfabeta.
Murtafi’ah, Umi. (2012). “Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching sebagai
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Konsep Pecahan pada siswa kelas
IV SD Negeri Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun pelajaran
/2013”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas
Muhammadiyah Surakarta (naskah diplubikasikan).
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung: Alfabeta.
Siew, Nyet Moi dan Sopiah Abdullah. (2012). British Journal of Education, Society &
Behavioural Science 2(3): 239-259.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
SMPIT Ulil Albab. (2016). Silabus Pembelajaran SMPIT Ulil Albab tahun pelajaran 2015-
Cibitung: SMPIT Ulil Albab.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka
Baru Press.
Suprijono, Agus. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Uno, Hamzah B. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wasrie, Moh. Kusnadi. (2015). Buku Pintar Matematika. Jakarta: Lingkar Media.
Wishnu, Pande dkk. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan
Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 17 Dangin
Puri Kota Denpasar”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan
PGSD. Vol 2 No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).