ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI
Abstract
Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang kompleks. Salah satu keterampilan berpikir yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik berhubungan erat dengan kepercayaan diri (self efficacy) yang peserta didik miliki karena dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perasaan, pola pikir dan dorongan untuk melakukan suatu tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy dalam menyelesaikan soal berbasis literasi dan numerasi. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas XI di salah satu sekolah yang terletak di Jakarta dengan total 36 peserta didik. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki self efficacy tinggi dan self efficacy sedang mampu memenuhi indikator fluency, elaboration, dan originality. Sedangkan peserta didik yang memiliki self efficacy rendah hanya mampu memenuhi indikator fluency saja. Pada soal yang mengukur indikator flexibility tidak dapat diselesaikan dengan maksimal oleh peserta didik karena mereka hanya mampu menyelesaikan hanya dengan satu cara saja sedangkan pada soal sudah jelas diperintahkan untuk menjawab dengan cara yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albert, B. &. (1993). Perceived SelfEfficacy in cognitive development and functioning. Educational Psychologist.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Arista, E. D. W., & Mahmudi, A. (2020). Kemampuan berpikir kreatif matematis dalam penyelesaian soal open-ended jenis PISA berdasarkan level sekolah. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 87–99. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.34606
Bandura, A & Locke E, A. (2003). Negative Self-Efficacy and Goal Effects Revisited. Journal of Applied Psychology.
Bandura, a, Barbaranelli, C., Caprara, G. V, & Pastorelli, C. (2008). Mata Kuliah Psikodiagnostika Umum Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi di Universitas “ X ” Penelitian Oleh : Evany Victoriana , M . Psi , Psikolog FAKULTAS PSIKOLOGI. Child Development, 72(1), 187–206. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15350854
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Excercise of Control. USA: W. H Freeman and Company.
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11.
Mills N, P. F. & H. (2006). A Reevaluation the Role of Anxiety: Self Efficacy, Anxiety, and Their Relation to Reading and Listening Proficiency. Foreign Language Annals.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Nadjafikhah, M., Yaftian, N., & Bakhshalizadeh, S. (2012). Mathematical creativity: Some definitions and characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 285–291. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.056
Ningrum, H. U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya koneksi matematika dan self-efficacy pada pembelajaran matematika SMA. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686.
Noer, S. (2012). Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 801–808.
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.
Siswono, T. Y. E. (2006). Desain Tugas untuk Mengidentifikasi kemampuan berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Pancaran Pendidikan, 63, 495–509.
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Student’s Creativity in Solving and Posing Matehematical Problem. IndoMS. J.M.E, 1(1), 17–40.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.51-64
Refbacks
Copyright (c) 2024 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |