PENGARUH VARIETAS DAN SISTEM BUDIDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN, PRODUKSI, DAN KANDUNGAN GIZI JAGUNG (Zea mays L.)

Yukarie Ayu Wulandari, Sularno Sularno, Junaidi Junaidi

Abstract


Jagung merupakan bahan pangan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai pangan lokal, pakan, dan bahan baku industri. Mengingat pentingnya jagung, maka perlu adanya upaya untuk peningkatan produktivitasnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas dan sistem budidaya terhadap pertumbuhan, produksi, dan kandungan gizi jagung. Penelitian menggunakan Rancangan Petak Terbagi dengan petak utama varietas (Srikandi Putih-1 dan Srikandi Kuning-1) dan anak petak sistem budidaya (organik dan inorganik) yang diulang lima kali. Hasil menunjukkan bahwa varietas Srikandi Putih-1 memberikan hasil tertinggi pada tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, lingkar batang, pati, dan vitamin A. Varietas Srikandi Kuning-1 memberikan hasil tertinggi pada produksi, protein dan lemak. Sistem budidaya inorganik memberikan hasil tertinggi pada tinggi tanaman, jumlah daun, panjang tongkol, bobot bersih tongkol, bobot pipilan kering, bobot 100 butir, konversihasil/ha, patidan protein. Interaksi varietas Srikandi Putih-1 dengan sistem budidaya organik memberikan hasil tertinggi terhadap jumlah daun, lingkar batang dan kandungan vitamin A. Varietas Srikandi Kuning-1 yang dibudidayakan secara inorganik memberikan hasil tertinggi terhadap bobot bersih tongkol, bobot pipilan kering, bobot 100 butir, konversi hasil ha-1 dan kandungan protein. Kandungan pati tertinggi pada varietas Srikandi Putih-1 yang dibudidayakan secara inorganik, sedangkan kandungan lemak tertinggi pada varietas Srikandi Kuning-1 yang dibudidayakan secara organik.

Full Text:

PDF

References


Hendi, S.dan Agus N. 2011. Pengolahan Teknologi Terpadu (PTT) Jagung. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Bogor.

Hermanto. 2008. Asian Regional Maize Workshop: Sumber Inovasi Tekno-logi Jagung. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tana-man Pangan. 30(6): 1-6. Bogor.

Hidayati dan Fathur R.2009. Pengaruh Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah. Skripsi Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakul-tas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kamsiati, E. dan Purwandari, S. 2006. Diversifikasi Pengolahan Jagung dalam Rangka Meningkatkan Keta-hanan Pangan di Kalimantan Tengah. Balai Pengembangan Tek-nologi Pertanian. Kalimantan Tengah.

Maruapey, A. 2011. Pengaruh Jarak Tanam dan Jenis Pupuk Kandang terhadap Pertumbuhan Gulma dan Hasil Jagung Manis. Fakultas Pertanian Unamin Sorong. Prosiding Seminar Nasional Serealia Maros. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Maros.

Muhadjir, F. 1988. Karakteristik Tana-man Jagung. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tana-man Pangan. Bogor.

Nurmiati, Y. dan M. Barmawi.2001 Tanggap Jagung Hibrida C7 pada Berbagai Kombinasi Dosis Pupuk NPK. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Palawija Buku 2: Hasil Penelitian dan Pengkajian Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Balai Penelitian dan Pengembangan Perta-nian. Lampung.

Ratna W.A. dan Robet A. 2009. Kandungan Gizi dan Komposisi Asam Amino Beberapa Varietas Jagung Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Politeknik Negeri Lampung Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 9(2): 61-66 Mei 2009.

Suarni dan Widiawati. 2006. Struktur, Komposisi dan Nutrisi Jagung. Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Maros.

Subekti, Nuning A, Syaifuddin, Roy E. dan Sri S. 2007. Morfologi Tanaman dan Fase Pertumbuhan Jagung. Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros Balai Penelitian dan Pengem-bangan Pertanian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Maros.

Suryana, A. 2005. Kebijakan Ketaha-nan Pangan Nasional. Pusat Peneli-tian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta.

Suryana, A.. 2010. Panduan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Jagung. Balai Penelitian Tanaman Pangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian. Bogor.

Wijaya, K.A. 2008. Nutrisi Tanaman sebagai Penentu Kualitas Hasil dan Resistensi Alami Tanaman. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Zubechtirodin, Pabbage, M.S. dan Saenong S. 2008. PTT Jagung Meningkatkan Produksidan Penda-patan. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros. Vol. 30 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.1.1.20-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ