AKUMULASI TIMBAL (Pb) DAN STRUKTUR STOMATA DAUN PURING (Codiaeum variegatum Lam. Blume)

Susi Sulistiana, Ludivica Endang Setijorini

Abstract


Tanaman mempunyai kemampuan untuk mengatasi atau mengeliminir pencemaran udara yang terjadi di kota, salah satunya adalah tanaman puring. Stomata adalah salah satu organ tumbuhan yang digunakan untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Fungsi utama stomata adalah sebagai tempat pertukaran gas, seperti CO2 yang diperlukan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis. Namun, stomata juga bertindak sebagai salah satu jalur masuknya polutan khususnya polutan yang berasal dari udara. Untuk mempertegas pengaruh akumulasi timbal terhadap daun tanaman puring  secara morfologi yang telah dilakukan oleh Sulistiana dan Setijorini  tahun 2014, perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan melakukan pengamatan anatomi daun terutama struktur  stomata daun tanaman puring. Penelitian bertujuan membandingkan struktur stomata  antar kultivar puring dan membuktikan adanya hubungan antara akumulasi timbal (Pb) dengan struktur stomata daun dari beberapa kultivar puring. Bahan penelitian yang digunakan adalah daun segar dari 13 kultivar tanaman puring yang ditanam di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Kademangan, Tangerang Selatan. Pengamatan struktur stomata daun dilakukan dengan cara pembuatan preparat paradermal Parameter yang diamati dalam penelitian meliputi jumlah stomata, jumlah sel epidermis, panjang stomata, lebar stomata, indeks stomata, dan kerapatan stomata. Hasil yang diperoleh adanya korelasi positif antara kadar Pb dan struktur stomata daun kultivar puring melalui parameter-paramater yang diamati terutama jumlah stomata, lebar stomata, indeks stomata, dan kerapatan stomata. 


Full Text:

PDF

References


Antari, R.J, I.K. Sundra. 2009. Kandungan Timah Hitam (Plumbum) pada Tanaman Peneduh Jalan di Kota Denpasar. Fakultas MIPA UNUD. Denpasar

Ebadi, A.G., S. Zare, M. Mahdavi, M. Babee. 2005. Study and Measurement of Pb, Cd, Cr and Zn in Green Leaf of Tea Cultivated in Gilllan Province of Iran. Pakistan. Journal of Nutrition 4 (4): 270-272.

Rahman. 2010. Daun Tanaman Puring Efektif Serap Timbal. http://langitlangit.com (23 Desember 2014).

Sembiring, E. dan E. Sulistyowati. 2006. Akumulasi Pb dan Pengaruhnya pada Kondisi Daun Swietenia macrophylla King. Makalah pada Seminar Nasional Penelitian Lingkungan di Perguruan Tinggi. Bandung: ITB. http://www.sith.itb.ac.id/profile/databuendah/publications/ebinyhalia_IATPI2006.pdf. (23 Desember 2014).

Solihin, A. 2014. Morfologi Daun, Kadar Klorofil, dan Stomata (Polyalthia longifolia) pada Daerah dengan Tingkat Penyerapan Emisi Kendaraan yang Berbeda di Yogyakarta. Skripsi: Tidak dipublikasikan. Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Sunan Kalijaga. Yoyakarta.

Sulistiana, S, L.E. Setijorini. 2014. Analisis Penyerapan Timbal (Pb) pada Tanaman Puring (Codiaeum variegatum). Prosiding SEMNAS Biologi UNNES 2014, dengan Topik: Biologi: Penelitian, Pengembangan dan Pembelajaran. Semarang. Maret 2015.

Santoso, S., S. Lestari, S. Samiyarsih. 2012. Inventarisasi Tanaman Peneduh Jalan Penjerap Timbal di Purwokerto. Prosiding SEMNAS Biologi UNSOED 2012 dengan Topik: Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan II. Purwokerto.

Yanuar, A., N. Widyastutik. 2011. Ekofisiologi Tumbuhan: Hubungan Pencemaran Atmosfer dan Kerusakan Stomata. http://ahmadyanuar.wordpress.com/2011/06/26/journal-ekologi-tumbuhan/ (6 Januari 2014).

Yudha, G.P, Z.A. Noli, M. Idris. 2013. Pertumbuhan Daun Angsana (Pterocarpus indicus Willd) dan Akumulasi Logam Timbal (Pb). Jurnal Biologi Universitas Andalas (J.Bio.UA.) 2 (2): 83-89.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.1.2.9-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI (e-ISSN:2528-3278, p-ISSN:2528-0201).

   Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ