KAJIAN PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK OLEH PETANI DI KABUPATEN BOGOR

Elfarisna Elfarisna, Yati Suryati, Erlina Rahmayuni

Abstract


Penggunaan pupuk organik untuk menyuburkan tanah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi pertanian sekaligus memperbaiki kualitas lingkungan.  Pengelolaan lingkungan hidup membutuhkan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat termasuk petani untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan.  Penelitian bertujuan mengetahui penggunaan pupuk organik  oleh petani di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2016 dengan menggunakan metode survei dan memberikan kuisioner kepada petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) serta melakukan diskusi dan observasi  ke lapangan.  Hasil penelitian yang didapat adalah petani sudah mengetahui tentang pupuk organik sejak tahun 1973 sebagai kearifan lokal dan informasi tentang pupuk organik sebagian besar didapat dari pelatihan yang diberikan oleh PPL dan perguruan tinggi Hambatan dalam penggunaan pupuk organik adalah tanggapan dari petani sebesar 58.15% terhadap penggunaan pupuk organik, karena menurut petani pupuk organik memerlukan biaya yang tinggi dan pengelolaan tanaman intensif diantaranya banyaknya gulma, serangan hama dan waktu yang lama untuk membuat pupuk organik.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2015. Jurnalorganik.blogspot.com/pertanian_organik (Diakses 7 April 2015).

Anonim. 2016. Pertemuan Desa Organik Berbasis Tanaman Buah (Jambu Kristal) dan Panen. Cabe. https://Kecamatansukaraja.bogorkab.go.id/index.php/post/detail/4137/ (Diakses tanggal 3 November 2016).

Hoesein, A. 2014. Menyambut Penca-nangan Indonesia Go Organik oleh Jokowi-JK. Pewarta Indonesia. Sabtu, 26 Juli 2014.

Munawar, A. 2011. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB Press. Bogor.

Soedjais, Z. 2010. Subsidi Pupuk Anorganik dan Pertanian Organik di Indonesia. Sekolah Pascasarjana UGM. Jogjakarta.

Utama, I. 2013. Sistem Organik. http://industri21iqbal.blogspot.com/2013/01/sistem-organik.html. (diakses pada tanggal 21 Februari 2013).




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.1.2.23-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ