STRATEGI PENINGKATAN KINERJA ATRIBUT PRODUK SAYURAN MELALUI PEMASARAN ONLINE DALAM UPAYA MERAIH KEPUASAN KONSUMEN

Anita Cicilia Harimurti, Agriani Hermita Sadeli, Hesty Nurul Utami, Gema Wibawa Mukti

Abstract


Penerapan pemasaran secara online tidak hanya dilakukan pada produk industri, melainkan dilakukan untuk produk pertanian, salah satunya adalah sayuran segar. Dalam upaya untuk meraih keberhasilan dalam bisnis ini, maka petani sebagai produsen harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dengan cara menerapkan strategi yang dapat meningkatkan kinerja dari atribut produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan kinerja atribut produk sayuran dari Pasar Kecil Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kualitatif dan teknik penelitian survei deskriptif. Analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen puas terhadap atribut produk sayuran. Namun untuk meningkatkan tingkat kepu-asan maka kinerja beberapa atribut harus ditingkatkan. Atribut produk yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki, yaitu variasi sayuran dan kemasan mampu men-jaga kualitas sayuran. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kemasan dan memberikan variasi paket sayuran yang lebih beragam.


Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Perkembangan Beberapa Agregat Pendapatan dan Pendapatan per Kapita Atas Dasar Harga Berlaku Tahun 2010-2014. Badan Pusat Statistik. Jakarta

Brilliant, M. A. dan Achyar, A. 2013. The Impact of Satisfaction and Trust on Loyalty of E-Commerce Customers. Asean Marketing Journal. 5(1) 51-58.

Kementrian Pertanian. 2015. Rencana Strategis Kemestrian Pertanian Tahun 2015 – 2019. Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta

Levin, I., P. dan Gaeth, G. J. 1988. How Consumers Are Affected by the Framing of Attribute Information Before and After Consuming the Product. Journal of Consumer Research. 15, 374-378.

Martilla, J. A. Dan James, J.C. 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing. 77-79.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Saragih, B. 2010. Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. IPB Press. Bogor.

Simamora, B. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia. Jakarta.

Syukri, S. H. A. 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Alaisis GAP Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13 (2) 103-111.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. ANDI. Yogyakarta.

Utami, N. U., Sadeli, A. H. 2013. Local Fruits Competitive Advantage Through Consumer Attitude on Product Quality. Prosiding ICEBM 2013. Bali.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.1.2.47-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ