ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUNGA MAWAR POTONG DI DESA KERTAWANGI, KECAMATAN CISARUA, KABUPATEN BANDUNG BARAT

Armenia Ridhawardani, Pandi Pardian, Gema Wibawa Mukti

Abstract


Bunga mawar potong merupakan salah satu komoditas pertanian yang diusahakan oleh masyarakat di Kabupaten Bandung Barat. Fluktuasi harga yang diakibatkan perbedaan jaringan pemasaran menyebabkan perbedaan nilai yang diterima oleh masing-masing pelaku terutama petani. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efesiensi pemasaran bunga mawar potong di Desa Kertawangi kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus. Penentuan responden petani menggunakan metode purposive dan untuk responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran dan yang paling efisien adalah saluran pemasaran III (Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen) dibandingkan saluran saluran pemasaran I dan II.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Budidaya Tanaman Hias. 2008. Budidaya Tanaman Hias Indonesia. Jakarta : Direktorat Agribisnis.

Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Barat 2015. Potensi Pertanian, Perkebunan dan Peternakan 2015.

Istianti, Eni. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Pertanian Volume XII No.2, April 2010.

Profil Desa Kertawangi. 2015. Profil Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Rukmana, Rahmat. 1995. Mawar. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.2.1.13-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ